Apakah Boleh Ibu Hamil Makan Durian?

Ibu hamil harus memperhatikan asupan nutrisi untuk menjaga kesehatannya sendiri dan bayi dalam kandungan. Lantas, apakah boleh ibu hamil makan durian?


Jakarta, CNN Indonesia

Read More

Ibu hamil harus memperhatikan asupan nutrisi untuk menjaga kesehatannya sendiri dan bayi dalam kandungan. Lantas, apakah boleh ibu hamil makan durian?

Durian merupakan buah favorit banyak orang karena rasanya nikmat dan punya aroma yang khas.

Buah ini juga bisa diolah jadi beragam makanan, seperti es krim durian, serabi kuah durian, hingga sambal tempoyak.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun, tak semua orang bisa bebas makan durian. Orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti gangguan ginjal, obesitas, dan diabetes tidak disarankan untuk makan durian apalagi dalam porsi yang berlebihan.

Selain itu, banyak yang meyakini adanya mitos durian tidak boleh dikonsumsi ibu hamil karena menyebabkan masalah kesehatan. Apakah benar demikian?

Nutrisi durian untuk kehamilan

Sebelum mengetahui tentang keamanan durian bagi ibu hamil, penting untuk mengetahui nutrisi buah durian. Durian mengandung nutrisi yang penting untuk tubuh, seperti karbohidrat, protein, kalium, serat, niasin, vitamin A, B, C, dan E, antioksidan, folat, kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, inc, dan tembaga.

Selain itu, mengutip laman Siloam Hospitals, di balik mitos bahaya makan durian bagi ibu hamil, beberapa nutrisi dalam durian justru dapat membantu memenuhi gizi yang dibutuhkan selama masa kehamilan.

Asam folat di dalam durian bermanfaat untuk membantu mencegah risiko bayi cacat lahir. Sementara itu, serat yang terkandung di dalamnya juga dapat membantu mengatasi atau menurunkan risiko sembelit pada ibu hamil.

Bolehkah ibu hamil makan durian?




Ilustrasi. Berikut penjelasan soal apakah boleh ibu hamil makan durian. (christopher1710/Pixabay)

Terlepas dari nutrisinya, apakah boleh ibu hamil makan durian?

Di beberapa negara Asia, durian memang dianggap tabu bagi ibu hamil karena diyakini dapat menimbulkan panas dalam tubuh sehingga dapat berdampak buruk pada bayi dalam kandungan. Namun, tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan hal tersebut.

Mengutip Parenting FirstCry, durian bermanfaat bagi ibu hamil karena mengandung vitamin dan mineral serta organo-sulfur dan triptofan yang memiliki efek anti-oksidan.
Sifat anti-bakteri, anti-jamur dan anti-mikroba menjadikannya pilihan yang aman bagi perempuan selama kehamilan. Namun, Anda harus berhati-hati karena konsumsi durian yang berlebihan juga dapat menimbulkan efek berbahaya.

Mengutip Baby Center, ibu hamil yang mengalami diabetes gestasional (diabetes di masa kehamilan) harus menghindari makan durian, karena buah ini memiliki kandungan gula yang tinggi.

Karena itu konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi durian, terutama jika Anda baru pertama kali mengonsumsinya.

Jadi, apakah boleh ibu hamil makan durian? Jawabannya, boleh selama tidak berlebihan, cukup 1-2 biji durian, dan perbanyak minum air putih setelahnya untuk menetralisir sisa rasanya di dalam mulut.

(pua/pua)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts