Anti Ribet! Jepang Punya Jasa Check-in Bagasi di Bandara

Orang tua perlu tahu jadwal libur Tahun Ajaran 2022/2023 siswa sekolah dasar (SD) untuk memastikan kapan bisa mengajak si kecil bertamasya.

Jakarta, CNN Indonesia

Read More

Pergi liburannya sih menyenangkan, tapi yang paling ribet adalah harus check-in bagasi di bandara. Bagi banyak orang, ini adalah bagian paling menyebalkan.

Namun, di Jepang punya cara yang lebih praktis untuk mengatasi masalah ini.

Seorang kurir Jepang berencana untuk membuka jasa layanan check-in tas di bandara untuk wisatawan internasional mengirimkan bagasi mereka terlebih dahulu ketika akan pulang liburan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Melansir dari laman Nikkei Asia, wisatawan yang menggunakan jasa check in bagasi Airporter, ini nantinya tidak perlu membawa koper dan tidak perlu check in di Bandara Internasional Kansai.

Sebagai gantinya, mereka bisa memesan penjemputan tas paling lambat pukul 11 malam sebelum keberangkatan. Setelah itu, mereka harus membawa barang bawaan mereka pada jam 9 pagi di hotel yang ditunjuk di Osaka.

Airporter akan mengirimkan bagasi ke maskapai penerbangan untuk jadwal penerbangan setelah jam 4 sore. Wisatawan kemudian bisa terbang pulang dan mengambil barang bawaannya di bandara.

CEO Airporter, Kunio Izuminati, perusahaan jasa ini bertujuan untuk membantu konsumen mengurangi waktu tunggu check-in bandara hingga 30 persen pada 2025.

Layanan ini diklaim dapat mengurangi kemacetan di bandara utama Osaka, terutama ketika Osaka menjadi tuan rumah World Expo 2025.

Airporter menguji layanan ini dari Juli hingga Oktober dengan penerbangan Japan Airlines menuju Bangkok.

Biaya yang dibutuhkan untuk menggunakan layanan ini diperkirakan sebesar US$35 atau sekitar Rp548 ribu yang sebagian digunakan untuk membayar hotel mitra dan jas pengiriman.

Airporter sedang berusaha melakukan kerja sama dengan 250 hotel di Osaka dan 60 persen maskapai penerbangan lainnya di Kansai Internasional.

Layanan serupa juga sudah dilakukan perusahaan logistik Tiongkok SF Express. Wisatawan dari Hongkong atau Makau nantinya dapat mengambil bagasi mereka dari hotel atau toko serba ada di Jepang untuk diantar ke rumah mereka.

Selain itu, jasa ini juga sudah disediakan Japan Airlines dan All Nippon Airways untuk wisatawan yang hendak pergi ke luar negeri dari Jepang. Mereka akan membawa barang wisatawan dari rumah atau kantor menuju bandara tujuan.

Sementara itu, Airporter menyanggupi untuk mengirim barang wisatawan dari hotel ke bandara di Tokyo, Osaka, Fukuoka, dan Okinawa sebanyak 120 ribu bagasi setiap tahunnya.

(dhs/chs)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts