Alasan di Balik Penamaan ‘Kentang Mustofa’ dan Resepnya

Kentang mustofa jadi sajian populer yang disukai banyak orang. Namun, apa alasan di balik penamaan kentang mustofa? Dan bagaimana cara membuat kentang mustofa?
Jakarta, CNN Indonesia

Salah satu sajian berbahan kentang yang jadi favorit banyak orang adalah kentang mustofa. Selain jadi lauk pendamping nasi, makanan ini juga bisa dijadikan camilan.

Read More

Tak ada alasan rasanya untuk menolak kenikmatan kentang mustofa. Rasa pedas, asin, gurih, manis, bahkan sedikit asam bisa Anda dapatkan dari makanan satu ini.

Tak cuma itu, kentang mustofa juga memberikan sensasi kriuk dan renyah saat disantap. Hal ini membuat kentang mustofa makin disukai banyak orang.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun, apa alasan di balik penamaan kentang mustofa?

Banyak orang menganggap bahwa penamaan ‘mustofa’ muncul karena sajian ini berasal dari Timur Tengah. Tapi, nyatanya tidak demikian.

Usut punya usut, nama mustofa justru diambil dari koki istana saat Presiden Sukarno menjabat di masa lalu.

Mengutip berbagai sumber, sajian kentang balado ini konon sering dibuat oleh seorang koki di Istana Cipanas, Bogor bernama Opo Mustofa. Makanan ini juga sebenarnya berasal dari irisan kentang sisa makanan lain.

Karena tidak ingin membuang bahan masakan, koki Mustofa sering mengolah sisa kentang menjadi irisan kecil yang dimasak balado. Dan, makanan ini sering disajikan di meja makan setiap kali Presiden Sukarno hendak makan.

Tapi, suatu hari makanan itu tidak tersaji di meja. Hal ini menimbulkan tanda tanya bagi Sukarno. Ia langsung bertanya ‘kentang Mustofa mana?’.

Sejak saat itu, olahan kentang balado yang dipotong kecil-kecil itu memiliki nama jadi kentang mustofa.

Kandungan gizi kentang mustofa




Ilustrasi. Kentang mustofa sendiri sebenarnya mengandung banyak kalori. (Pixabay/Maddox74)

Kentang mustofa bisa jadi menu vegetarian. Makanan ini 100 persen terbuat dari sayuran tanpa campuran produk hewani apa pun.

Bahan utama kentang mustofa pun hanya kentang yang dipotong kecil seperti korek api dan digoreng garing.

Dari segi gizi, menukil Fat Secret, 100 gram kentang mustofa memiliki kalori mencapai 317 kkal. Angka ini cukup besar jika kentang mustofa sering disantap untuk menemani nasi putih.

Tapi wajar saja, pasalnya sajian ini terbuat dari kentang, yang juga merupakan sumber karbohidrat. Proses memasak kentang mustofa yang digoreng juga memungkinkan adanya kalori tambahan.

Selain kalori, kentang mustofa juga memiliki kadar lemak sebesar 16,54 grram dan protein sebesar 10,46 gram.

Tak ada salahnya jika Anda menyukai kentang mustofa. Asalkan konsumsi dalam porsi yang tepat dan tidak berlebihan.

Simak resep kentang mustofa di halaman berikutnya..





Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts