Akses Transportasi bagi Kamu yang Mau Wisata ke Pulau Pahawang Lampung

Kamu bisa menggunakan transportasi massal untuk datang ke Pulau Pahawang, terutama jika sudah tiba di Bandara Radin Inten II maupun Pelabuhan Bakauheni.
Jakarta, CNN Indonesia

Berlokasi di Provinsi Lampung, Pulau Pahawang adalah salah satu destinasi wisata alam yang menawarkan keindahan pantai, laut, hingga bawah laut.

Read More

Bukan hanya warga Lampung, keindahan Pulau Pahawang juga menjadi incaran wisatawan lokal dari daerah lain hingga luar negeri.

Pulau Pahawang terletak di Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Jaraknya sekitar 2-3 jam dari pusat Kota Bandar Lampung.

Bagi yang belum pernah berkunjung ke Pulau Pahawang dan berasal dari luar Lampung, tentu perlu mencari tahu bagaimana cara menuju ke destinasi yang juga dijuluki Maldives Indonesia itu.

Kamu bisa menggunakan transportasi massal untuk datang ke Pulau Pahawang, terutama jika sudah tiba di Bandara Radin Inten II maupun Pelabuhan Bakauheni.

Apabila datang ke Lampung menggunakan pesawat atau kapal, ada beberapa lokasi dan kendaraan yang mesti ditumpangi lagi untuk bisa sampai ke Pulau Pahawang.

Berikut cara menuju Pulau Pahawang, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Dari Bandara Radin Inten II

Apabila kamu datang ke Lampung menggunakan pesawat, kamu bisa memilih rute penerbangan dengan tujuan Bandara Radin Inten II. Dari Bandara Radin Inten II, kamu masih perlu menuju Terminal Rajabasa, Bandar Lampung. Setelah itu, di Terminal Rajabasa naik angkutan umum jurusan Rajabasa-Tanjung Karang (angkot warna biru) dan berhenti di Pasar Bawah Ramayana.

Dari Pasar Bawah Ramayana, lalu naik lagi angkot jurusan Tanjung Karang-Teluk Betung (angkot warna merah marun/ungu) turun di Gudang Garam. Kamu juga bisa naik ojek online dari Pasar Bawah Ramayana.

Setelah itu naik angkutan pick up ke Dermaga Ketapang. Usai sampai di Dermaga Ketapang, kamu bisa menyewa kapal menuju Pulau Pahawang.

2. Dari Pelabuhan Bakauheni




Pulau Pahawang, Lampung. (istockphoto/ Mohamad Rohadi Triana)

Jika memilih opsi menggunakan kapal laut dan dari Jakarta, kamu bisa berangkat dari Pelabuhan Merak Banten menggunakan kapal feri dengan tujuan Pelabuhan Bakauheni Lampung.

Tersedia bus dari Terminal Bakauheni menuju Bandar Lampung, dan turun di Terminal Rajabasa. Untuk naik bus ini, biaya yang diperlukan sekitar Rp30 ribu – Rp50 ribu. Adapun perjalanannya memakan waktu sekitar 1 jam 45 menit.

Di Terminal Rajabasa naik angkutan umum jurusan Rajabasa-Tanjung Karang (angkot warna biru) dan berhenti di Pasar Bawah Ramayana. Dari Pasar Bawah Ramayana, lalu naik lagi angkot jurusan Tanjung Karang-Teluk Betung (angkot warna merah marun/ungu) turun di Gudang Garam. Kamu juga bisa naik ojek online dari Pasar Bawah Ramayana.

Setelah itu naik angkutan pick up ke Dermaga Ketapang. Usai sampai di Dermaga Ketapang, kamu bisa menyewa kapal menuju Pulau Pahawang.

3. Opsi Lain

Dari Terminal Rajabasa, kamu juga bisa memilih menggunakan bus damri, kamu bisa mengambil jurusan Rajabasa-Piabung dan meminta turun di Ketapang. Sayangnya, bus jurusan ini ini hanya ada satu kali sehari setiap pukul 7 pagi.

Kamu juga bisa berangkat dari Pelabuhan Bakauheni atau Bandara Radin Inten II menggunakan taksi/taksi online atau menyewa mobil dan langsung menuju Dermaga Ketapang, dengan tarif yang menyesuaikan. Dari Dermaga Ketapang, langsung menyewa kapal untuk menuju Pulau Pahawang. 

(dhs/wiw)


[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts