Air Putih dan Rekomendasi Minuman Lain untuk Ginjal yang Sehat

Minum air yang cukup itu baik. Namun ingat minum terlalu banyak juga bisa berbahaya untuk kesehatan. Hal ini disebut sebagai overhidrasi.
Jakarta, CNN Indonesia

Ingat ginjal, ingat asupan cairan buat tubuh. Namun, minuman untuk ginjal yang sehat tak hanya air putih. Lantas, apa saja rekomendasinya?

Read More

Menjaga gaya hidup tetap aktif dan diet bernutrisi lengkap jadi langkah menjaga ginjal tetap sehat.

Ginjal punya tugas penting untuk menyaring ‘sampah’, kelebihan air, dan apa pun yang mencemari darah. ‘Sampah’ disimpan di kemih dan dikeluarkan bersama urine.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Meski ada sejumlah faktor yang mendukung kesehatan ginjal, pemenuhan kebutuhan cairan adalah salah satu yang utama.

Minuman ginjal sehat

Kecukupan kebutuhan cairan berarti membantu ginjal menjalankan tugasnya. Namun, ternyata ada beberapa minuman yang mendukung kesehatan ginjal dan sangat direkomendasikan.

Berikut daftar minuman untuk ginjal yang sehat yang bisa jadi panduan Anda.

1. Air putih

Air putih adalah salah satu minuman yang sangat penting buat tubuh. Mengutip dari Medical News Today, sel-sel menggunakan air untuk mengirim racun-racun tubuh ke aliran darah.

Racun pada darah disaring di ginjal dan dikeluarkan bersama urine. Selain berisiko merusak ginjal, kerusakan cairan juga berisiko memicu batu ginjal.

Air putih sangat direkomendasikan karena netral, tak memiliki rasa atau bau sehingga aman dikonsumsi.

2. Jus cranberry




Ilustrasi. Jus cranberry, minuman untuk ginjal yang sehat. (iStockphoto/WilshireImages)

Di balik warna merah dan rasa asam jus cranberry, minuman ini baik untuk kesehatan saluran kemih dan ginjal.

Cranberry mengandung senyawa yang dapat menghentikan bakteri E.coli, bakteri penyebab 80-90 persen masalah infeksi saluran kemih (ISK), yang menempel di dinding saluran kemih.

“Studi pada wanita muda yang sering mengalami ISK menunjukkan bahwa minum segelas jus cranberry setiap hari dapat membantu mengurangi ISK kambuh atau berulang,” kata Leslie Spry dari National Kidney Foundation dalam tulisannya untuk Huffington Post.

3. Jus berbahan dasar buah sitrus

Jus jeruk, jeruk nipis, dan lemon secara alami mengandung asam sitrat. Asam sitrat terbukti mencegah batu ginjal. Caranya dengan mencegah kalsium berikatan dengan mineral lain yang bisa membentuk batu ginjal.

Akan tetapi, Anda perlu cermat dalam membeli jus. Pasalnya, jus kemasan biasanya mengandung gula tinggi. Jus dengan kandungan gula tinggi justru bisa memicu masalah ginjal.

Sebaiknya, beli jus tanpa gula tambahan atau membuat jus sendiri di rumah. Rasa getir bisa dikurangi dengan bahan lain pengganti gula.

4. Wine

Anda tidak salah. Wine atau minuman anggur bisa menyehatkan ginjal dengan catatan, dikonsumsi tidak berlebihan.

Berdasarkan riset dari National Kidney Foundation, meminum kurang dari segelas wine sehari bisa menurunkan risiko penyakit ginjal kronis hingga 37 persen ketimbang yang tidak minum wine.

5. Kopi
Kopi tak hanya sehat buat jantung, tapi juga ginjal. Mengutip dari Eat This Not That, riset yang diterbitkan di jurnal Kidney International Reports pada tahun 2022 menemukan, kopi juga bisa menjadi minuman untuk ginjal yang sehat.

Mereka yang mengonsumsi kopi dalam jumlah berapa pun punya risiko cedera ginjal akut lebih rendah 11 persen.

(els/asr)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts