Ada Pecinan di Hampir Seluruh Negara di Dunia, Ternyata Ini Sebabnya

Chinatown atau Pecinan merupakan tempat yang selalu jadi daya tarik di setiap negara, karena menawarkan ciri khasnya dari mulai kuliner hingga kebudayaannya.


Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Chinatown atau Pecinan merupakan tempat yang selalu jadi daya tarik di setiap kota atau negara, karena menawarkan berbagai ciri khasnya dari mulai kuliner hingga kebudayaannya.

Tapi, sadarkah kamu bahwa Pecinan nyaris selalu ada di setiap negara di dunia? Jika kamu mengunjungi kota-kota besar di dunia atau negara lain, Pecinan kemungkinan besar bisa kamu temukan.

China sebagai negara yang menduduki puncak populasi penduduk selama bertahun-tahun, kehadirannya telah terasa di hampir semua aspek.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tapi Pecinan adalah dunia yang sangat berbeda, dengan budaya berbeda yang berpadu namun tetap menonjol. Pecinan seakan bisa menambah warna sebuah kota yang terdiri dari gedung-gedung bertingkat atau perkampungan yang kumuh.

Seperti namanya, Pecinan adalah kawasan yang banyak ditinggali keturunan etnis Tionghoa. Kamu akan melihat berbagai pernak-pernik, makana, benda-benda, hingga rumah khas China di Pecinan.

Di Indonesia juga ada beberapa Kampung Pecinan yang terkenal, salah satunya Petak Sembilan di Jakarta. Lalu, kenapa bisa ada Pecinan di hampir semua negara di dunia?

Seperti dikutip Veena World, Pecinan merupakan warisan. Beberapa Chinatown atau Pecinan memiliki generasi yang tinggal di sana. Semuanya dimulai pada tahun-tahun perdagangan, di mana semua pusat perdagangan utama di dunia mulai didatangi penduduk China.

Karena seringnya berdagang dan kebijakan migrasi yang mudah, kaum laki-laki di China memilih tempat yang berbeda untuk mendapatkan peluang yang lebih baik.

Tujuan utama di balik pemukiman Chinatown adalah menyediakan tempat transisi menuju budaya baru bagi mereka yang migrasi dari China. Penyebab ada Pecinan di suatu negara adalah karena migrasi atau perpindahan penduduk China maupun keturunannya secara besar-besaran ke negara-negara lain di dunia.

Itulah kenapa Pecinan dibuat mirip dengan tempat asal mereka. Tapi, perlahan semua itu berubah seiring berjalannya waktu.

Migrasi penduduk China telah berlangsung sejak lama. Pecinan di berbagai negara tercipta juga berkat perdagangan dengan kapal laut melalui Jalur Sutra, jalur di Eurasia yang menghubungkan Jalur Timur dan Jalur Barat.

Banyak pedagang China yang melakukan pelayaran ke berbagai negara. Ada yang hanya singgah, tak sedikit yang menetap hingga membuat komunitas. Dari sini juga kemudian tercipta Pecinan.

Menyambut Tahun Baru Imlek, pecinan-pecinan di seluruh dunia biasanya bakal menggelar berbagai macam acara untuk memeriahkannya. Nah, bagaimana apa kamu ada rencana mengunjungi pecinan di kota saat perayaan Imlek tahun ini?

(wiw)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts