9 Wisata Alam Indonesia yang Tersembunyi, Salah Satunya Ada di Jogja

Sejumlah wisata alam Indonesia yang tersembunyi cukup beragam dan dapat memuaskan jiwa petualang Anda. Simak daftarnya berikut ini.
Jakarta, CNN Indonesia

Indonesia menyimpan keindahan alam yang beragam, mulai dari pantai, danau, gua, semuanya tersedia. Anda juga bisa mengunjungi sejumlah wisata alam Indonesia yang tersembunyi.

Read More

Tempat wisata yang belum terjamah banyak orang tersebut dapat menjadi pilihan untuk memuaskan jiwa petualang Anda. Selain itu, sejumlah tempat berikut juga masih sepi karena belum banyak diketahui oleh orang-orang.

Letaknya pun tersebar di berbagai lokasi, tak hanya terdapat di Pulau Jawa. Hal itu tentunya akan memberikan Anda banyak pilihan berwisata dengan pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Berikut ini beberapa wisata alam Indonesia yang tersembunyi, dihimpun dari berbagai sumber.

1. Air Terjun Madakaripura, Probolinggo


Wisata alam Indonesia yang tersembunyi, salah satunya Air Terjun Madakaripura (Foto: iStockphoto/Oleh_Slobodeniuk)

Air Terjun Madakaripura merupakan tempat wisata yang menawarkan pemandangan alam yang indah. Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati suasana alam yang sejuk dan segarnya gemercik air.

Berada di kawasan Taman Nasional Bromo, Air Terjun Madakaripura ini dapat menjadi salah satu objek wisata yang Anda kunjungi karena menyuguhkan kekayaan alam yang memukau.

2. Danau Kaco, Jambi

Di Jambi, tepatnya di kaki Gunung Batuah, Kabupaten Kerinci, terdapat objek wisata alam bernama Danau Kaco. Danau ini memiliki air berwarna kebiruan yang sangat jernih layaknya kaca.

Tempat wisata alam yang belum banyak diketahui orang-orang ini menawarkan panorama alam yang indah dengan udara segar yang menyejukkan.

3. Gua Jomblang, Yogyakarta


The holy light inside Goa Jomblang in YogyakartaWisata alam Indonesia yang tersembunyi, salah satunya Gua Jomblang (Foto: iStockphoto/grassflowerhead)

Gua Jomblang merupakan wisata alam di Yogyakarta yang akan memanjakan pengunjung dengan pemandangan hutan purba dan sungai bawah tanah. Namun, gua ini memiliki tinggi 60 meter dengan medan yang cukup menantang.

Perlukan nyali yang besar untuk masuk ke dalamnya dan mencapai ke dasar gua. Namun jangan khawatir, Anda bisa menelusuri goa didampingi oleh penelusur yang berpengalaman. Gua Jomblang akan melatih jiwa petualang dan memberikan pengalaman berwisata yang berkesan.

4. Meru Betiri, Banyuwangi

Banyuwangi juga memiliki tempat wisata hutan tropis yang memukau bernama Meru Betiri. Tempat ini menyimpan beragam ekosistem mangrove, hutan rawa, dan hutan hujan dataran rendah.

Anda juga dapat menemukan beragam tumbuhan langka di hutan Meru Betiri, seperti rengas, bendo, api-api, raflesia, dan lainnya. Selain tumbuhan, satwa liar juga dapat Anda temukan, seperti bajing terbang ekor merah, macan tutul, penyu, kura-kuran, dan lainnya.

5. Pantai Senggigi, Lombok

Beralih ke Lombok, terdapat tempat wisata dengan pemandangan yang menawan bernama Pantai Senggigi. Pantai ini akan menawarkan pemandangan garis pantai yang panjang ditambah gradasi warna pasir dari hitam ke putih.

Jangan sampai melewatkan Pantai Senggigi dari daftar wisata Anda di Lombok. Terlebih jika Anda adalah pecinta pantai. Deburan ombak, air yang jernih dan bersih, membuat pantai ini wajib masuk dalam daftar berlibur Anda.

6. Pantai Pulau Merah, Banyuwangi


Pantai Pulau Merah. Banyuwangi, Jawa Timur. Selasa, 6 Juni 2017. CNN Indonesia/Adhi Wicaksono.Wisata alam Indonesia yang tersembunyi, salah satunya Pantai Pulau Merah (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Pantai Pulau Merah merupakan pantai yang menyajikan keindahan alam dengan panorama yang indah. Pantai ini memiliki air yang jernih dan dikelilingi oleh hijaunya pegunungan.

Di bagian tengah pantai terdapat bukit kecil bertanah merah yang bisa dikunjungi dengan berjalan kaki saat air laut sedang surut.

Pantai yang berlokasi di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran ini juga akan memberikan pemandangan indah saat matahari terbenam dengan pancaran sinar berwarna jingga kemerahan dari balik bukit.

7. Pantai Ora, Maluku

Di Maluku Tengah terdapat tempat wisata bernama Pantai Ora yang memiliki keindahan menawan seperti Pantai Bora-Bora di Samudra Pasifik atau Pantai Boracay di Filipina. Pantai ini juga menyuguhkan air laut yang jernih dan terumbu karang yang kokoh terlihat menjulang ke langit.

Anda juga dapat menikmati keindahan bawah laut dengan menyelam. Keindahan karang atau koral dan ikan-ikan yang beraneka ragam akan memberikan pengalaman baru yang menyenangkan.

8. Pulau Kanawa, Nusa Tenggara Barat


Pulau Kanawa juga menjadi salah satu destinasi wisata yang dapat disambangi bila ke Labuan Bajo. Di sini, wisatawan bisa snorkeling atau sekadar duduk santai di pinggir pantai. Keindahan Pulau Kanawa didukung dengan keberadaan hotel serta restauran.Wisata alam Indonesia yang tersembunyi, salah satunya Pulau Kanawa (Foto: CNN Indonesia/Martahan Sohuturon)

Apabila ingin berwisata bahari di Nusa Tenggara Barat, jangan sampai melewatkan Pulau Kanawa yang cantik dihiasi hamparan pasir putih dan hijaunya pepohonan di tepi pantai.

Perairan di sekitar Pulau Kanawa juga masih sangat jernih dan merupakan habitat bagi ikan-ikan kecil yang akan menambah kecantikan tempat wisata ini.

9. Teluk Kiluan, Lampung

Teluk Kiluan merupakan surga tersembunyi di Indonesia yang dikenal dengan banyaknya ikan paus dan lumba-lumba. Di tempat ini, Anda dapat menyaksikan langsung atraksi lumba-lumba di laut lepas.

Selain itu, Teluk Kiluan juga menyajikan pemandangan indah dengan air biru dan pasir putih. Bagi Anda yang gemar memancing, Teluk Kiluan kerap menggelar lomba memancing tahunan yang diikuti oleh para pemancing andal dari seluruh Indonesia.

Itulah rekomendasi wisata alam Indonesia yang tersembunyi. Selamat berwisata!

(juh)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts