9 Tradisi Imlek di Indonesia, Bukan Cuma Berbagi Angpao

Jokowi menyebut tak terima sumbangan pernikahan saat penikahan Kaesang-Erina. Bagaimana aturan dalam Islam, soal sumbangan pernikahan?

Jakarta, CNN Indonesia

Read More

Tahun Baru Imlek merupakan momen pergantian tahun dalam kalender China atau kalender Lunar.

Tidak hanya dirayakan di China, perayaan Tahun Baru Imlek juga dirayakan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Seperti apa tradisi Imlek di Indonesia?

Tahun ini, Imlek jatuh pada tanggal 22 Januari 2023. Perayaan Imlek menjadi momen penting bagi warga Tionghoa di Indonesia karena diharapkan membawa berkah dan kemakmuran sepanjang tahun.

Agar tetap berada di naungan keberuntungan, ada beberapa tradisi Imlek di Indonesia yang biasa dilakukan masyarakat, mulai dari sebelum hingga saat perayaan tiba.

Berikut sejumlah tradisi Imlek yang populer di Indonesia, tak cuma bagi angpao. 

1. Berbagi angpao

Sudah bukan rahasia, berbagi angpau jadi tradisi Imlek di Indonesia yang tidak boleh terlewatkan. Biasanya yang boleh memberikan angpao adalah mereka yang sudah menikah.

Para lajang tak perlu ikut membagikan amplop. Cukup menunggu giliran menerimanya. Namun para lajang yang sudah dewasa dan bekerja dianggap tidak perlu lagi diberi angpau, meski sebenarnya sah-sah saja bila diberi angpao.

2. Pertunjukan barongsai

Menonton pertunjukan barongsai juga merupakan salah satu tradisi yang dinanti saat perayaan Tahun Baru Imlek. Tradisi barongsai juga menjadi ikon dari perayaan Imlek.

Masyarakat Tionghoa percaya bahwa tarian barongsai dapat membawa kemakmuran dan keberuntungan untuk tahun yang akan datang. Pertunjukan ini biasanya dilakukan oleh dua orang akrobat yang mengenakan kostum naga. Satu orang akan mengisi bagian kepala dan satu lagi tubuh singa bagian belakang.

3. Menyiapkan hidangan khas Imlek

Tahun Baru Imlek tentu tidak lengkap jika belum menyajikan makanan yang istimewa. Makanan khas Imlek seperti pangsit, siu mie, lumpia, sup, ikan bandeng selalu disuguhkan di meja.

Selain makanan berat, disediakan juga kue yang menyiratkan keberuntungan yakni kue keranjang, kue mangkok, manisan, hingga buah-buahan.

Makanan khas Imlek tersebut memiliki filosofi khusus yang dipercaya secara turun-temurun. Dengan harapan seluruh anggota keluarga dilimpahi keberuntungan, kekayaan, dan kesehatan, di tahun yang baru.



9 Tradisi Imlek di Indonesia, Bukan Cuma Berbagi Angpao

BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts