9 Tempat Wisata di Ciwidey yang Hits, Kawah hingga Pemandian

Ranca Upas merupakan salah satu wisata alam di Bandung yang wajib untuk Anda kunjungi. Simak lokasi, tiket masuk, dan fasilitasnya.

Jakarta, CNN Indonesia

Ciwidey merupakan sebuah kawasan di Kabupaten Bandung yang memiliki sejumlah objek wisata. Tempat wisata di Ciwidey cukup beragam dan hits.

Read More

Selain menyuguhkan udara yang sejuk, pemandangan alam yang tersaji juga masih asri dan indah. Tak heran banyak orang-orang di perkotaan mengincar wisata di Ciwidey.

Pasalnya, tempat wisata di Ciwidey cocok menjadi tempat berlibur untuk membuat diri lebih tenang dari penatnya rutinitas. Anda juga dapat mengajak keluarga untuk berlibur bersama, sebab tempat-tempat wisata tersebut ramah anak.

Berikut ini sejumlah wisata di Ciwidey yang hits dan sejuk yang dapat menjadi pilihan.

1. Barusen Hills

Apabila Anda ingin berlibur bersama keluarga, Barusen Hills dapat menjadi pilihan karena menawarkan paket wisata yang lengkap dalam satu kawasan. Di tempat ini, terdapat wahana bermain anak, kolam renang, dan lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati pengalaman menginap di Barusan Hills mulai dari camping, glamping, cottage, dan vila. Untuk lokasi, Barusen Hills beralamat di Gambung Ciwidey, Cisondari, Kecamatan Pasirjambu, Bandung.

2. Bukit Jamur

Berlokasi Sugihmukti, Pasirjambu, Bandung, Bukit Jamur merupakan wisata alam baru di kawasan Ciwidey. Nama Bukit Jamur sendiri diambil dari pohon cemara di sekitar lokasi yang memiliki daun berbentuk jamur.

Di tempat ini, Anda bisa menikmati keindahan panorama pohon cemara, melihat pemandangan kebun teh dan melintasi jembatan kayu.

3. Kawah Putih


Tempat wisata di Ciwidey yang hits, salah satunya Kawah Putih (cnnindonesia/adiibrahim)

Tempat wisata berikutnya adalah Kawah Putih yang merupakan ikon wisata di Ciwidey. Tempat ini menyajikan danau yang terbentuk letusan Gunung Patuha dengan air berwarna putih kehijauan yang menjadi daya tariknya.

Danau ini dikelilingi hutan eksotis yang menambah keindahan tempat tersebut. Kawah putih berlokasi di Ciwidey, kurang lebih sekitar 50 kilometer arah selatan Kota Bandung.

4. Kawah Rengganis

Selain Kawah Putih, Ciwidey juga mempunyai objek wisata kawah lainnya yang tidak kalah menarik yakni Kawah Rengganis. Lokasinya berada di Kampung Cibuni, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.

Kawah Rengganis merupakan hasil letusan Gunung Sunda Purba. Anda bisa menikmati panorama kolam air panas alami dan mengunjungi kebun teh yang berada mengelilingi kawah.

5. Ranca Upas


pemandangan alam dan perkemahan di Ranca Upas, BandungTempat wisata di Ciwidey yang hits, salah satunya Ranca Upas (Foto: iStockphoto)

Ranca Upas merupakan salah satu tempat wisata yang hits dan tentunya sejuk di Ciwidey. Lokasinya berada di ketinggian 1.700 mdpl sehingga membuat suhu udaranya dingin, yakni sekitar 17-20 derajat Celsius.

Objek wisata yang dapat dijajal di Ranca Upas sangat beragam, seperti bumi perkemahan, outbound, pemandian air panas alami, dan lainnya. Ranca Upas berlokasi di Jalan Raya Ciwidey-Patengan, Rancabali, Bandung.

6. Situ Patenggang

Situ Patenggang merupakan danau seluas 48 hektare yang berada di ketinggian sekitar 1.628 meter di atas permukaan laut. Tepatnya berada di Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.

Berada di ketinggian membuat Situ Patenggang memiliki suhu yang dingin yakni di bawah 20 derajat Celsius. Selain sejuknya udara, tempat ini juga menawarkan pemandangan kebun teh yang asri.

7. Pemandian Air Panas Cimanggu


Young Caucasian friends taking bath in hot spring in IcelandIlustrasi. Tempat wisata di Ciwidey yang hits, salah satunya Pemandian Air Panas Cimanggu (iStockphoto/Oleh_Slobodeniuk)

Apabila ingin berlibur dengan santai dan tenang, Anda bisa ke Pemandian Air Panas Cimanggu. Air panas di pemandian ini berasal dari perut Gunung Patuha yang dipercaya baik untuk kesehatan.

Terdapat tiga kolam pemandian air panas dengan ukuran yang berbeda di tempat ini sehingga dapat Anda pilih sesuai keinginan. Objek wisata ini berlokasi di Jalan Raya Ciwidey-Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.

8. Pemandian Air Panas Ciwalini

Satu lagi pemandian air panas di Ciwidey, yakni Pemandian Air Panas Ciwalini. Lokasinya di Jalan Raya Ciwidey-Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung.

Terdapat dua kolam air panas di tempat ini, yakni kolam umum dan kolam khusus untuk pengunjung yang ingin suasana lebih privat. Adapun daya tarik dari tempat ini adalah lokasinya yang berada di kaki gunung sehingga Anda dapat berendam sembari menikmati pemandangan yang asri.

9. Perkebunan Teh Rancabali

Perkebunan Teh Rancabali merupakan tempat yang akan memberikan Anda ketenangan dan kesejukan khas pegunungan. Selain itu, terdapat spot berfoto yang menarik di tempat ini.

Selain berfoto, Anda juga dapat menikmati sajian kuliner yang terdapat di Perkebunan Teh Rancabali. Objek wisata ini berlokasi di Patengan, Rancabali, Bandung.

Demikian tempat wisata di Ciwidey yang hits dan sejuk untuk keluarga. Selamat berlibur.

(juh)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts