9 Makanan Rendah Gula, Aman buat Kamu yang Punya Diabetes

Ada cara yang bisa dilakukan pria untuk mempertahankan ereksi. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang bisa bikin ereksi lebih lama berikut ini.

Daftar Isi



Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Mengontrol asupan gula harian perlu dilakukan pengidap diabetes dan pradiabetes. Salah satunya lewat konsumsi makanan rendah gula berikut ini.

Pada dasarnya, gula ditemukan secara alami pada banyak sumber makanan. Gula juga sebenarnya memegang peran penting dalam banyak proses biologis tubuh.

Namun, terlalu banyak asupan gula juga bisa berujung pada masalah kesehatan. Sejumlah penyakit bisa dipicu oleh asupan gula berlebih, salah satunya diabetes.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sendiri telah merekomendasikan asupan gula harian tak lebih dari 50 gram atau setara dengan 4 sdm per hari. Lebih dari itu, siap-siap dengan penyakit yang mengancam.

Makanan rendah gula

Yang perlu diingat adalah asupan gula perlu dibatasi, bukan dihindari sama sekali. Anda bisa menjadikan beberapa makanan rendah gula berikut sebagai pilihan, merangkum berbagai sumber.

1. Apel

Apel tergolong sebagai salah satu buah dengan kandungan gula yang rendah. Anda bisa menjadikan apel sebagai camilan di antara jeda waktu makan.

Selain itu, apel juga mengandung serat yang bisa memperlambat pencernaan dan penyerapan gula. Apel juga termasuk buah dengan indeks glikemik rendah.

2. Pir

Buah rendah gula lainnya adalah pir. Selain rendah gula, pir juga mengandung banyak nutrisi, mulai dari serat, vitamin, dan mineral.

Pir bisa memberikan rasa kenyang yang cukup lama. Sama seperti apel, buah ini cocok dijadikan camilan di antara jeda waktu makan.

3. Telur




Ilustrasi. Telur, salah satu pilihan makanan rendah gula. (Istockphoto/ DianaLundin)

Jadikan selalu telur sebagai menu sarapan. Selain rendah gula, telur juga menjadi salah satu sumber protein terbaik.

Satu butir telur hanya mengandung 80 kalori. Telur bisa jadi pilihan makanan rendah kalori yang aman buat pengidap diabetes atau pradiabetes.

4. Kacang-kacangan

Jadikan kacang kenari, mete, dan almond sebagai camilan penderita diabetes. Semua jenis kacang tersebut rendah gula dan mengandung lemak sehat.

Anda juga bisa menjadikan kacang sebagai taburan yogurt agar terasa lebih enak.

5. Greek yoghurt

Greek yoghurt merupakan yogurt tawar rendah gula yang pas untuk dijadikan camilan penderita diabetes.

Selain rendah gula, yogurt tawar juga mengandung protein dan karbohidrat sehat yang bisa bikin kadar gula darah tetap stabil.

6. Oatmeal

Oatmeal bisa Anda jadikan menu sarapan rendah gula. Selain itu, oatmeal juga kaya akan serat larut.

Mengutip Who What Wear, oatmeal berasal dari biji-bijian utuh yang menyediakan sumber energi tapi tetap membuat Anda merasa kenyang.

7. Jamur




Ilustrasi JamurIlustrasi. Jamur, salah satu makanan rendah gula. (condesign/Pixabay)

Jamur adalah makanan rendah kalori dan karbohidrat. Jamur bisa jadi salah satu pilihan menu ramah diabetes.

Mulai dari jamur kancing hingga portobello, semuanya mengandung senyawa antioksidan dan anti-inflamasi. Jamur juga mengandung banyak vitamin D, B, tembaga, dan kalium.

8. Alpukat

Sama seperti apel dan pir, alpukat juga jadi salah satu pilihan buah rendah gula. Apel juga menyediakan sumber serat yang mengenyangkan bersamaan dengan lemak sehat.

Anda bisa menjadikan alpukat sebagai camilan di antara jeda makan. Anda bisa memakannya langsung, menghaluskannya, atau membuatnya menjadi smoothie.

9. Kayu manis

Makanan rendah gula lainnya adalah kayu manis. Rempah satu ini bisa dijadikan sebagai alternatif pemanis selain gula.

Dalam pengobatan Ayurveda, rempah-rempah seperti kayu manis dapat mengatasi masalah pencernaan serta membantu tubuh menggunakan insulin dengan lebih efisien.

(asr/asr)



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts