9 Makanan Enak Ini ‘Haram’ Dikonsumsi Sebelum Tidur

Mulut rasanya ingin selalu mengunyah hingga waktu tidur tiba. Tapi tunggu dulu, ada beberapa makanan yang justru tak boleh dimakan sebelum tidur.
Jakarta, CNN Indonesia

Mulut rasanya ingin selalu mengunyah hingga waktu tidur tiba. Tapi tunggu dulu, ada beberapa makanan yang justru tak boleh dimakan sebelum tidur.

Read More

Di satu sisi, tidur dengan perut dapat mengaktifkan kortisol atau hormon stres. Tapi di sisi lain, konsumsi makanan tertentu dengan jarak terlalu dekat dengan waktu tidur juga dapat mengganggu proses istirahat.

Sebenarnya sah-sah saja jika ingin ngemil sebelum tidur. Namun, rasanya Anda perlu lebih bijak dalam memilih jenis makanan yang bakal dikonsumsi.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Makanan yang tak boleh dikonsumsi sebelum tidur

Jika tak ingin waktu istirahat malam terganggu, maka Anda mungkin perlu menghindari daftar makanan berikut ini, melansir Eat This Not That.

1. Es krim

Es krim dapat mengganggu proses tidur. Es krim mengandung banyak gula yang dapat meningkatkan insulin. Tingkat insulin yang tinggi telah terbukti bikin tidur jadi lebih sulit.

Selain itu, ngemil es krim di malam hari juga dapat menyebabkan peningkatan kadar kortisol yang bisa memicu insomnia.

2. Jeruk Bali

Jeruk Bali mungkin memang pilihan camilan yang sehat, tapi tidak untuk dikonsumsi sebelum tidur. Jeruk satu ini masuk daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi sebelum tidur.

Asam pada jeruk dapat memperburuk gejala pencernaan dengan mengendurkan katup esofagus bagian bawah. Kondisi ini dapat memicu terjadinya refluks asam lambung yang bisa mengganggu momen istirahat.

3. Tomat

Hindari makanan apa pun yang mengandung tomat sebelum tidur. Sama seperti jeruk Bali, asam pada tomat juga bisa memicu masalah pencernaan yang mengganggu proses tidur.

4. Keju




Ilustrasi. Keju, salah satu makanan yang tidak boleh dikonsumsi sebelum tidur. (Pixabay/kakuko)

Jika Anda memiliki sedikit intoleransi terhadap produk susu, maka keju bukan pilihan tepat sebagai camilan sebelum tidur. Keju dapat memicu kembung dan rasa tidak nyaman pada perut, yang bisa membuat Anda sulit tertidur.

5. Cokelat

Cokelat setelah makan malam rasanya bukan pilihan yang tepat. Cokelat mengandung kafein yang bisa bikin mata melek nonstop.

Cokelat batangan memiliki kadar kafein yang bervariasi. Namun pada umumnya, cokelat batangan yang 70 persen mengandung kakao memiliki sekitar 79 miligram kafein.

6. Kentang goreng

Kentang goreng mungkin jarang jadi pilihan camilan malam. Tapi, faktanya ada saja orang yang gemar ngemil kentang goreng.

Kentang goreng tinggi akan kandungan lemak. Hal ini membuat kentang goreng perlu dihindari sebelum tidur.

Makanan berlemak sering memicu kembung dan gangguan pencernaan yang bisa mengganggu istirahat malam.

7. Keripik pedas

Keripik pedas mungkin memang jadi camilan favorit. Tapi, usahakan agar tidak mengonsumsinya di malam hari, utamanya sebelum tidur.

Selain lemak, kandungan capsaicin dari cabai juga dapat memicu mulas dan gangguan pencernaan.

8. Dada ayam panggang

Anda juga perlu menghindari makan malam tinggi protein seperti dada ayam panggang. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan tinggi protein sebelum tidur bisa memicu gangguan tidur.

Para ahli percaya hal ini disebabkan oleh kadar triptofan–asam amino yang memicu rasa tenang–lebih sedikit pada makanan tinggi protein.

9. Buah kering

Konsumsi terlalu banyak makanan berserat tinggi seperti buah kering juga bisa mengganggu pencernaan. Hal ini terjadi berkat kandungan seratnya yang tinggi dan air yang rendah.

Hindari beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi sebelum tidur di atas demi waktu beristirahat yang berkualitas.

(asr/asr)



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts