9 Kebiasaan Sebelum Tidur yang Bikin Kurus, Bye-bye Gadget

Tidur berkualitas berperan penting untuk kesehatan. Melakukan beberapa kebiasaan tidur yang sehat berikut adalah kunci mendapatkan tidur berkualitas.

Daftar Isi



Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Usaha menurunkan berat badan bisa dilakukan kapan saja, termasuk malam hari sebelum waktu tidur. Simak kebiasaan sebelum tidur yang bisa bikin kurus berikut ini.

Konsumsi makanan sehat, rutin berolahraga, dan cukupi hidrasi tubuh adalah sederet rahasia sukses menurunkan berat badan. Namun, sejumlah kegiatan di malam hari sebenarnya juga bisa membantu Anda mendapatkan tubuh yang kurus dan sehat.

Salah satunya adalah memiliki tidur yang cukup dan berkualitas.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mengutip Women’s Health, sebuah penelitian dalam Annals of Internal Medicine, menemukan pelaku diet yang tidur 8,5 jam per malam kehilangan lemak dua kali lebih banyak dibandingkan mereka yang tidur 5,5 jam, meskipun mereka semua mengurangi jumlah kalori yang sama setiap hari.

Lantas, apa saja kebiasaan sebelum tidur yang membantu menurunkan berat badan dan bisa bikin kurus?

1. Makan malam lebih awal

Menukil WebMD, makan malam atau ngemil terlalu dekat dengan waktu tidur bisa menghambat upaya penurunan berat badan.

Meski sebenarnya waktu tidak terlalu penting, banyak orang yang makan larut malam memilih makanan berkalori tinggi sehingga membuat berat badan bertambah.

Makan malam dan camilan yang “terlambat” juga bisa membuat Anda lebih sulit tertidur. Usahakan untuk tidak berada di dapur mulai beberapa jam sebelum tidur hingga Anda bangun keesokan paginya.

2. Yoga

Sebelum beranjak tidur, sebaiknya stres karena pekerjaan ditinggalkan terlebih dahulu. Yoga dapat membantu pikiran dan tubuh lebih rileks. Sebuah studi pada 2009 menemukan yoga mampu meningkatkan kualitas tidur. Studi lain pun menyebut yoga dapat membantu menurunkan berat badan.

3. Camilan berprotein tinggi




Ilustrasi. Salah satu kebiasaan sebelum tidur yang bikin kurus adalah konsumsi camilan tinggi protein. (iStockphoto/Rimma_Bondarenko)

Kadang perut masih minta diisi meski sudah menyantap makan malam. Tak ada salahnya menyantap camilan asal camilan dengan kandungan protein tinggi.

Camilan di bawah 150 kalori tak akan membuat tubuh makin gemuk. Justru camilan berprotein memiliki manfaat untuk sintesis protein otot.

4. Minum secangkir teh

Mengutip Eat This Not That, minum secangkir teh rooibos tanpa kafein di malam hari dapat membantu membakar lemak perut. Teh rooibos adalah daun dari semak Aspalathus linearis, yang tumbuh di daratan Afrika Selatan.

Teh ini disebut mengandung flavonoid yang disebut Aspalathin.

Penelitian menunjukkan senyawa ini mampu menurunkan hormon stres yang memicu rasa lapar dan penyimpanan lemak, menjadikan rooibos salah satu makanan pembakar lemak terbaik.

5. Pilih aktivitas untuk stimulasi otak

Kebiasaan sebelum tidur yang bikin kurus selanjutnya adalah pilih aktivitas untuk stimulasi otak. Rasa bosan karena serial yang ditonton berulang membuat orang buru-buru mencari camilan tak sehat.

Rasa bosan, menurut sebuah studi, berkaitan dengan hasrat untuk makan makanan tak sehat.

Jaga otak tetap aktif bukan dengan mencari judul serial lain di Netflix tetapi dengan membaca buku, menulis diary, atau mandi sambil mendengarkan podcast.

6. Matikan gadget




Girl on the bed before falling asleep looks at a smartphone. Check news and social networks before going to bed. Smart gadget.Ilustrasi. Salah satu kebiasaan sebelum tidur yang bikin kurus adalah matikan gadget. (iStockphoto/Kateryna Kukota)

Meskipun Anda mungkin suka menonton televisi saat makan malam, waktu menonton televisi dan main ponsel saat makan dapat menyebabkan Anda makan berlebihan secara tidak sengaja.

Ini dapat mengalihkan perhatian Anda dari seberapa banyak dan apa yang Anda makan.

7. Hindari alkohol

Alkohol kadang dianggap obat mujarab agar tidur lebih cepat dan nyenyak. Anggapan ini sama sekali tidak benar. Upton berkata alkohol dapat merusak siklus tidur dan menstimulasi nafsu makan.

8. Olahraga ringan

Anda bisa melakukan olahraga ringan sebelum tidur. Menurut penulis Combat the Fat Jeff Anderson, latihan beban tubuh menargetkan otot dengan cara yang unik karena efek melawan gravitasi. Contoh latihan ini antara lain push-up, pull-up, dips, dan bodyweight squat.

9. Tidur dalam suhu dingin




Hand with remote control directed on air conditioner. Home air conditioning conceptIlustrasi. Kebiasaan sebelum tidur yang bikin kurus salah satunya tidur dalam suhu dingin. (iStockphoto/simpson33)

Tak ada yang lebih nyaman tidur berselimut tebal di malam yang dingin. Namun sebuah studi menyebut baiknya jaga suhu agar tetap dingin sehingga berat badan bisa turun.

Pada 2014 peneliti dari Maastricht University Medical Center, Belanda menemukan mereka yang terpapar udara dingin saat tidur lebih mudah kehilangan berat badan. Partisipan yang tidur dengan suhu lebih rendah ditemukan ada peningkatan lemak cokelat atau brown fat.

Brown fat berfungsi untuk membakar kalori untuk memproduksi panas tubuh. Semakin banyak brown fat maka berat badan akan berkurang.

Demikian 9 kebiasaan sebelum tidur yang bisa bikin kurus. Semoga membantu.

(pua/pua)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts