9 Ikan Hias yang Paling Murah dan Mudah Dipelihara, Cantik Semua

Ingin merawat ikan hias di rumah? Anda bisa memulainya dengan memelihara ikan hias yang harganya paling murah. Simak rekomemdasinya.
Jakarta, CNN Indonesia

Apabila ingin coba merawat ikan hias, Anda bisa memulainya dengan memelihara ikan hias yang harganya paling murah.

Read More

Meski harganya murah, ikan-ikan hias berikut juga memiliki tampilan yang tak kalah cantik dengan ikan berharga mahal, sehingga cocok untuk dirawat oleh pemula.

Tak hanya harganya yang murah dan tampilannya yang cantik, ikan-ikan tersebut juga dapat ditemukan dengan mudah. Anda bisa membelinya di toko ikan secara langsung atau memesannya secara online.

Di bawah ini sejumlah rekomendasi ikan hias yang paling murah, dihimpun dari berbagai sumber.

1. Ikan Black Ghost

Ikan black ghost atau disebut juga black phantom merupakan ikan hias air tawar yang berasal dari perairan Amazon dan Suriname. Memiliki tampilan yang unik membuat ikan ini banyak diminati orang-orang.

Soal makanan, ikan ini bisa diberi jentik nyamuk, pelet ikan, dan serangga kecil. Untuk harga, ikan ini dijual di marketplace berkisar Rp3.500 sampai Rp50 ribu.

2. Ikan Cupang


Ikan hias yang paling murah, salah satunya ikan cupang (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

Berasal dari Asia Tenggara, ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan hias yang memiliki banyak penggemar. Selain harganya yang murah, cara merawatnya pun cenderung mudah karena memiliki ketahanan hidup yang lama.

Ikan cupang dapat dijumpai di toko ikan offline maupun online dengan harga mulai dari Rp1.500 hingga Rp65 ribu tergantung dari bentuk dan coraknya.

3. Ikan Discus

Ikan discus merupakan ikan yang berasal dari Amazon dengan corak unik dan bercahaya. Namun soal makan, ikan yang satu ini kurang menyukai makanan beku.

Anda bisa memberi pakan ikan yang bisa tenggelam ke dasar akuarium seperti makanan beku, jantung sapi, dan lainnya. Untuk harga, ikan discus dijual mulai dari Rp14 ribu hingga mencapai ratusan ribu rupiah.

4. Ikan Guppy


ikan guppyIlustrasi. Ikan hias yang paling murah, salah satunya ikan guppy (Foto: istockphoto/kerkla)

Jenis ikan hias paling murah berikutnya ini bernama ikan guppy. Memiliki corak yang indah membuat ikan hias ini kerap menjadi penghuni akuarium.

Ikan ini dapat diberi jentik nyamuk, cacing sutra, dan pelet ikan berukuran kecil dengan harga mulai dari Rp1.500 hingga Rp25 ribu.

Perawatan ikan ini harus benar-benar terjaga, sehingga Anda harus sesering mungkin mengganti airnya apabila sudah kotor. Selain itu, memastikan suhu air ideal bagi ikan guppy yakni 24 derajat Celsius.

5. Ikan Lemon

Sesuai namanya, ikan lemon memiliki warna kuning yang cerah seperti lemon dengan sedikit sentuhan warna biru. Apabila ingin merawatnya, sebaiknya menggunakan akuarium berukuran sedang dengan berbagai bebatuan atau hiasan akuarium.

Ikan lemon dijual dengan harga Rp2.500 sampai dengan Rp60 ribu. Tampilannya yang cantik dan menarik membuat ikan ini banyak dipilih sebagai ikan hias di rumah.

6. Ikan Mas Koki

Ikan mas koki merupakan salah satu jenis ikan hias yang cantik dengan bentuk perut yang menggembung berwarna kuning cerah atau oranye. Banyak orang memelihara ikan ini sebab diyakini dapat membawa keberuntungan.

Harga ikan mas koki sendiri beragam mulai dari Rp8.500 hingga puluhan ribu tergantung dari ukuran ikan. Makin besar ukurannya, makin mahal juga harga ikan mas koki.

7. Ikan Manfish

Tidak seperti kebanyakan ikan hias, ikan manfish memiliki bentuk yang unik yakni berbentuk pipih dengan ukuran sirip yang panjang. Ikan yang satu ini cukup mudah beradaptasi sehingga mudah untuk dirawat.

Untuk harga, ikan manfish dijual mulai dari Rp10 ribu untuk ukuran yang kecil. Sementara untuk ukuran besar, harga ikan ini bisa mencapai Rp70 ribu.

8. Ikan Molly


Little Molly fish, Poecilia latipinna in fish tank or aquarium, underwater life concept.Ikan hias yang paling murah, salah satunya ikan molly (Foto: iStockphoto/pookpiik)

Ikan molly memiliki perut yang besar dan tersedia dalam berbagai pilihan warna. Ikan hias ini juga dapat ditempatkan bersama ikan hias di rumah.

Harga satu ikan molly dijual mulai harga Rp5 ribu hingga Rp20 ribu tergantung dari jenis dan ukurannya.

9. Ikan Platy

Terakhir ada ikan platy. Daya tarik ikan ini adalah bentuk mulutnya yang lucu dengan warna yang pekat dan cerah.

Selain itu, ikan platy juga memiliki banyak jenis seperti ikan platy pedang, ikan plat platy gold magtail, ikan platy red balloon hiffin hinggs, dan ikan platy mickey mouse.

Harga ikan ini juga beragam, mulai dari Rp1.500 hingga Rp10 ribu, tergantung dari ukuran ikan dan lainnya.

Itulah pilihan ikan hias yang paling murah dan dapat dipelihara. Semoga dapat bermanfaat.

(juh)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts