8 Kesalahan Mencuci Rambut yang Kerap Disepelekan

Keramas atau mencuci rambut sudah menjadi bagian dari rutinitas mandi. Akan tetapi, masih banyak yang melakukan kesalahan mencuci rambut.

Jakarta, CNN Indonesia

Rambut rusak dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satunya akibat kesalahan mencuci rambut. Meski terkesan sepele, mencuci rambut perlu dilakukan dengan benar karena berdampak bagi kesehatan rambut.

Read More

Keramas atau mencuci rambut ini sudah menjadi bagian dari rutinitas mandi. Akan tetapi, masih banyak yang sering salah dalam mencuci rambut.

Karena faktanya, mencuci rambut bukan sekadar mengaplikasikan sampo dan membilas rambut dengan air.

Agar tidak mengulangi hal yang sama, berikut beberapa kesalahan saat keramas yang perlu Anda hentikan agar tidak merusak rambut.

1. Mencuci rambut terlalu sering

Sensasi rambut yang bersih dan segar setelah mencuci rambut memang sangat nyaman. Namun, terlalu sering mencucinya juga tak baik untuk rambut, mengutip Vogue.

Hal ini bisa terjadi karena rambut akan kehilangan minyak alaminya apabila terlalu sering keramas. Selain itu, penggunaan sampo yang terlalu sering juga dapat membuat rambut menjadi lebih kering dari biasanya.

2. Sering gonta-ganti sampo


Ilustrasi. Kesalahan mencuci rambut yakni sering gonta-ganti produk sampo (iStockphoto/Igor Vershinsky)

Menemukan produk sampo yang tepat untuk rambut memang tak mudah. Pasti Anda akan sering berganti-ganti sampo sampai akhirnya dapat mendapat yang cocok.

Namun disadari atau tidak, sering gonta-ganti produk sampo juga dapat membuat rambut jadi lebih rontok dan mudah kusut. Kandungan yang berbeda-beda inilah yang dapat menyebabkan rambut bereaksi dan memicu kerusakan.

3. Tidak memakai kondisioner

Kesalahan mencuci rambut berikutnya adalah melewatkan kondisioner setelah keramas dengan sampo. Padahal kondisioner memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah memberikan kelembapan dan memperbaiki tekstur rambut.

Penggunaan kondisioner ini sangat penting khususnya jika rambut Anda kering, mengembang, rapuh, sering terkena panas matahari, atau sehabis diwarnai agar menjaganya tetap sehat.

4. Memakai sampo yang tidak sesuai dengan masalah rambut

Kesalahan lain yang mungkin tak Anda sadari saat mencuci rambut adalah menggunakan produk rambut sembarangan atau tidak sesuai dengan masalah rambut.

Misalnya Anda memiliki masalah ketombe dan gatal tetapi memilih produk sampo dengan mentol alih-alih dengan kandungan anti-dandruff yang memang ditujukan untuk mengatasi ketombe. Atau mungkin Anda memiliki masalah kulit kepala iritasi tetapi menggunakan produk sampo dengan kandungan kimia keras.

5. Tidak menyisir rambut sebelum keramas


Thick hair technically refers to the width of a single strand of hair, whereas hair density refers to the number of strands on your head.Ilustrasi. Kesalahan mencuci rambut yakni tidak sisiran sebelum keramas. (iStockphoto/Boyloso)

Biasakan untuk menyisir rambut tepat sebelum mandi atau keramas, khususnya jika Anda memiliki rambut panjang dan tebal.

Dengan menyisir, dapat mencegah kerontokan dan rambut kusut setelah mencuci rambut.

6. Tidak membasahi rambut sebelum keramas

Sebelum keramas, pastikan Anda membasahi seluruh bagian rambut terlebih dahulu. Ini dilakukan agar sampo dapat bekerja maksimal.

Anda bisa berdiri di bawah kucuran air selama kurang lebih satu menit agar rambut basah sempurna dan siap untuk diberikan sampo.

Jangan lupa untuk mengaplikasikan sampo di bagian kulit kepala dan akar rambut agar bersih dari segala kotoran, keringat, dan debu yang menumpuk.

7. Mencuci rambut dengan air panas

Mandi menggunakan air hangat atau panas memang mampu meredakan stres dan membuat tubuh terasa lebih rileks. Namun manfaat tersebut tidak terjadi pada rambut.

Air hangat cenderung panas justru dapat membuat rambut menjadi lebih kering dan merusak keratin. Selain itu, air panas dapat membuat akar rambut melemah dan menyebabkan banyak rambut yang rontok.

8. Mengeringkan rambut dengan kasar

Mengeringkan rambut berlebihan juga bisa menyebabkan masalah bagi rambut. Misalnya, Anda mengeringkan rambut dengan menggosok kuat dengan handuk lalu mengeringkannya dengan hair dryer.

Kebiasaan menggosok rambut dengan handuk dapat melemahkan akar dan membuat batangnya rapuh dan bercabang pada ujungnya. Alih-alih digosok, Anda bisa mengeringkan rambut dengan ditekan perlahan dengan handuk.

Demikian kesalahan mencuci rambut yang sebaiknya mulai dihindari. Pastikan untuk melakukan perawatan agar rambut lebih sehat dan terhindar dari kerusakan.

(ira/fef)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts