8 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Jadi Gejala Kecemasan

Gejala kecemasan bisa saja muncul tanpa disadari. Ada beberapa kebiasaan sepele yang bisa menandakan kecemasan.

Jakarta, CNN Indonesia

Gejala kecemasan bisa saja muncul tanpa disadari. Ada pun beberapa kebiasaan sepele yang bisa menandakan kecemasan.

Read More

Psikolog klinis Alicia H. Clark mengatakan bahwa gejala kecemasan bisa terlihat samar pada seseorang.

“Kebiasaan aneh seperti mengelupas kulit, menggigiti kuku, dan memutar-mutar rambut sering dilakukan orang untuk menenangkan diri dan menyibukkan diri saat merasa tidak nyaman,” kata Clark, seperti dikutip dari Bustle.

Tanpa sadar Anda mungkin melakukan deret kebiasaan berikut. Ada baiknya Anda membicarakan dengan tenaga profesional jika kebiasaan sampai di tahap mengganggu dan sulit dihilangkan.

1. Memelintir atau menarik rambut

Kebiasaan memelintir atau menarik helai rambut terus-menerus bisa jadi tanda kecemasan. Helen Odessky , psikolog klinis dan penulis, berkata bahwa perilaku ini dilakukan guna menenangkan diri dari kecemasan.

“Memainkan rambut secara berlebihan bisa jadi tanda kecemasan dan yang paling ekstrem disebut trikotilomania [dorongan untuk menarik rambut],” jelas dia.

Efeknya tidak main-main. Sebab, jika sampai di titik trikotilomania, akan terjadi kebotakan dan bercak tipis di kulit kepala.

2. Super terorganisir


Ilustrasi. Terorganisir jadi salah satu tanda kecemasan. (Istockphoto/Andriano_cz)

Kedengarannya memang positif, tapi kebiasaan jadi orang yang super terorganisir bisa menandakan Anda mengalami kecemasan.

Bagaimana yang disebut dengan ‘super terorganisir’?

Misalnya, Anda membuat daftar tugas (to do list) begitu panjang dan detail, mengatur meja beberapa kali dalam sehari, dan sering merapikan rumah.

“[Kecemasan] dapat membuat Anda merasa di luar kendali dan beberapa orang mengatasinya dengan menjadi sangat terorganisir,” kata Odessky.

Jika Anda tidak merasa tertekan, kemungkinannya tidak masalah. Namun, jika Anda sulit beristirahat sebelum segala sesuatunya beres, maka sebaiknya berkonsultasi dengan tenaga profesional.

3. Ganti baju berkali-kali

Sering ganti baju sebelum kerja atau bepergian? Hal ini bisa menandakan Anda lebih dari sekadar tidak menyukai apa yang Anda kenakan. Terapis Elizabeth Cush berkata kebiasaan ini bisa jadi salah satu tanda kecemasan.

“Terkadang kecemasan muncul sebagai ketidaknyamanan fisik. Kecemasan bisa membuat kain terasa menjengkelkan, atau lingkar pinggang terasa selalu ketat atau longgar, atau hanya rasa tidak nyaman secara keseluruhan dalam pakaian,” jelasnya.

4. Menggigiti kuku

Orang yang cemas atau berpikir berlebihan (overthinking) rentan memiliki kebiasaan menggigiti kuku. Tak hanya menandakan masalah kesehatan mental, kebiasaan ini bisa jadi awal masalah kesehatan fisik. Ingat, tangan adalah transportasi umum buat kuman dan bakteri masuk tubuh.

Simak gejala kecemasan yang jarang disadari lainnya di halaman berikutnya..



Menggertakkan Gigi hingga Sering Minta Maaf

BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts