8 Cara agar Awet Muda di Usia 50 Tahun Seperti Ibu Negara Korsel

Di usianya yang menginjak 50 tahun, ibu negara Korea Selatan Kim Keon Hee, masih saja terlihat segar. Ada beberapa cara untuk mendapatkan wajah awet muda.
Jakarta, CNN Indonesia

Pesona Kim Keon Hee, ibu negara Korea Selatan, saat menghadiri KTT G20 di Bali beberapa waktu lalu bikin geger warganet. Di usianya yang menginjak 50 tahun, ia masih saja terlihat segar.

Read More

Banyak orang berpikir awet muda di usia 50-an hanya bisa didapat dengan operasi plastik. Padahal, nyatanya tidak.

Wajah awet muda seperti Kim Keon Hee bisa didapat dengan cara-cara sederhana. Cara-cara ini bisa Anda lakukan sejak dini, sebelum Anda menginjak usia 50 tahun.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Rajin pakai tabir surya

Sinar matahari memang memberikan manfaat buat kesehatan, termasuk meningkatkan sistem imun dan mengatur produksi melatonin. Namun, paparan sinar ultraviolet juga punya dampak buruk sebab bisa memecah serat kulit sehingga kulit kehilangan elastisitas.

Sebaiknya jangan lupa aplikasikan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan. Jangan lupa juga kenakan topi yang mampu melindungi wajah dari sinar matahari.

2. Tidur cukup

Apakah rekan-rekan kerja berkomentar kalau Anda terlihat lebih tua? Jika iya, coba cek lagi jadwal tidur Anda. Kurang tidur hanya akan membuat Anda terlihat tua, bahkan lebih tua dari usia sebenarnya.

Seperti dikutip dari Best Life, studi menunjukkan bahwa tidur 7-8 jam merupakan waktu yang optimal demi membuat Anda terlihat lebih muda, bahagia, dan menarik.

3. Eksfoliasi


Ilustrasi. Eksfoliasi, salah satu cara agar awet muda di usia 50 tahun. (iStockphoto/Prostock-Studio)

Eksfoliasi akan mengikis sel kulit mati, mengangkat lapisan kulit yang sehat dan mengoptimalkan penyerapan produk skincare. Namun, Anda tak perlu menggosok terlalu kuat dan menggunakan produk eksfoliasi berkonsentrasi tinggi.

Anda cukup melakukannya dengan lembut dan rutin, misalnya seminggu 1-2 kali. Setelahnya, jangan lupa mengaplikasikan pelembap atau face oil untuk kelembapan ekstra.

4. Riasan simpel dan minimal

Daripada mengenakan riasan tebal, sebaiknya pakai riasan simpel dan minimal. Anda hanya perlu menonjolkan salah satu fitur wajah yang menurut Anda menarik dan mendongkrak rasa percaya diri.

Juru rias Carmindy mengatakan bahwa seiring bertambah usia, kulit akan mengendur. Oleh karenanya, semakin tebal riasan, semakin rentan sisa-sisa riasan menggumpal di satu titik.

“Riasan yang lebih sedikit akan lebih melekat pada kulit orang dewasa sehingga Anda tetap bisa segar sepanjang hari,” kata Carmindy, seperti dikutip dari Reader’s Digest.

5. Makan ikan berlemak

Anda bisa melengkapi upaya untuk tetap awet muda di usia 50 dengan konsumsi makanan yang tepat. Salah satunya dengan menambahkan ikan-ikanan berlemak dalam diet Anda.

Salmon dan ikan berlemak lain mengandung DMAE (dimethylaminoethanol). Senyawa ini dapat membantu meningkatkan kekencangan otot.

6. Lebih banyak tersenyum

Senyum adalah riasan paling mudah dan murah. Sebuah studi melibatkan individu muda, paruh baya, dan tua untuk mempelajari ribuan foto dan menebak usia model.

Ekspresi netral menghasilkan tebakan usia paling akurat. Sementara wajah ketakutan membuat subjek terlihat lebih tua, sedangkan wajah bahagia dinilai lebih muda dari usia sebenarnya.

7. Rutinitas perawatan kulit


ilustrasi skincareIlustrasi. Menjaga rutinitas perawatan kulit, salah satu cara agar awet muda di usia 50 tahun. (iStockphoto/whyframestudio)

Perawatan kulit yang tepat membantu Anda mendapatkan wajah awet muda di usia tua. Pilih produk perawatan wajah yang tepat. Mulai dari sabun muka, toner yang tidak mengandung alkohol, dan akhiri dengan pelembap.

8. Diet kaya akan antioksidan

Antioksidan seperti vitamin A dan C mampu melawan radikal bebas dan membantu mempertahankan tampilan wajah lebih muda. Diet kaya akan antioksidan bisa membantu melawan kerusakan akibat sinar matahari dan lingkungan.

Anda pun disarankan untuk menambahkan jeruk, stroberi, blueberry, paprika, dan bayam untuk mendapatkan manfaat tersebut.

(els/asr)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts