7 Trik Bahasa Tubuh Ini Bisa Bikin Kamu Disukai Orang

Memilih pasangan hidup tentu tak sembarangan. Ada cara memilih pasangan hidup agar kamu tidak menyesal di kemudian hari.

Daftar Isi



Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Bahasa tubuh jadi salah satu faktor penting untuk bikin orang memberikan perhatiannya untuk Anda. Mainkan beberapa trik bahasa tubuh berikut ini untuk menarik perhatian orang.

Dalam hal ini, dikenal istilah ‘snap judgement‘ atau penilaian cepat. Momen awal pertemuan bisa memengaruhi cara bereaksi terhadap orang tersebut.

Interaksi dalam wawancara kerja, bertemu calon investor, atau calon rekan bisnis jelas penting. Kesan pertama bisa dimulai dari penampilan hingga bahasa tubuh. Faktor-faktor ini bisa menjadi pertimbangan untuk melanjutkan relasi dengan Anda atau tidak.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut trik bahasa tubuh untuk menarik perhatian orang.

1. Kontak mata

Kontak mata menandakan Anda masih memperhatikan lawan bicara. Lewat kontak mata pula, Anda bisa mengekspresikan emosi.

Interaksi dengan minim kontak mata mengesankan seseorang sulit didekati, ‘dingin’, dan kurang tertarik dengan bahan obrolan.

Mengutip Hack Spirit, studi menemukan, menjaga kontak mata bisa meningkatkan relasi positif antarindividu. Dengan kata lain, Anda bisa menumbuhkan ikatan emosional dengan orang tersebut.

2. Badan condong ke orang yang diajak bicara

Postur tubuh mengomunikasikan banyak hal tanpa disadari. Kalau Anda tertarik dengan topik obrolan, tubuh bakal condong ke depan atau arah lawan bicara.

Lawan bicara akan menangkap ini sebagai sinyal bahwa Anda tertarik dan senang dengan interaksi ini.

Bahasa tubuh ini membuat lawan bicara merasa senang dan nyaman. Bahasa tubuh ini juga diasosiasikan dengan perasaan puasa akan keberadaan Anda.

3. Perhatikan ruang personal




Ilustrasi. Ada beberapa trik bahasa tubuh untuk menarik perhatian orang. (Istockphoto/MangoStar_Studio)

Menatap mata lawan bicara dalam jarak terlalu dekat jelas bikin tidak nyaman, apalagi ditambah tubuh condong ke depan.

Sebaiknya, perhatikan ruang personal seseorang sehingga lawan bicara merasa nyaman. Ruang personal kadang perlu memperhatikan kultur atau kebiasaan suatu tempat.

4. Senyum

Mengutip Psychology Today, wajah yang menyenangkan dan berhias senyum selalu dinilai lebih positif ketimbang wajah yang cemberut.

5. Postur tubuh yang benar

Jaga postur tubuh tetap tegak saat berdiri, duduk, dan berjalan. Tubuh yang membungkuk bisa mengesankan kurang percaya diri atau kurang serius dengan lawan bicara.

Postur tubuh yang benar bisa dicapai dengan melatih otot inti (core muscles). Trik lain, Anda bisa menarik bahu ke belakang, angkat ke telinga lalu turunkan kembali hingga posisi yang nyaman.

6. Hindari melihat jam tangan

Pernah merasa tidak nyaman saat seseorang melihat jam tangannya selama mengobrol? Hal ini juga yang dirasakan lawan bicara saat Anda melakukan hal serupa.

Mengutip dari CNBC, tetap fokus pada topik pembicaraan dan pastikan pada lawan bicara bahwa Anda masih memberinya kesempatan bicara.

7. Mirroring

Trik ini sangat umum di bidang komunikasi nonverbal. Mirroring berarti meniru bahasa tubuh orang lain untuk membangun hubungan bawah sadar.

Kalau lawan bicara mencondongkan tubuh ke depan, Anda juga mencondongkan tubuh ke depan. Dia sering menyentuh rambut, lakukan hal serupa.

Cara ini efektif menunjukkan empati dan membangun rasa saling pengertian.

Demikian beberapa trik bahasa tubuh untuk menarik perhatian orang lain.

(els/asr)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts