7 Teh Penurun Berat Badan, Cocok untuk Diet

Beberapa minuman bisa mendorong tidur nyenyak yang membantu proses penurunan berat badan. Berikut daftar minuman yang bisa menurunkan berat badan sebelum tidur.

Daftar Isi



Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Banyak orang melakukan berbagai usaha untuk menurunkan berat badan, termasuk dengan mengonsumsi teh. Berikut ini daftar teh penurun berat badan yang bisa Anda coba.

Teh dikenal sebagai minuman yang menghangatkan dan menenangkan pikiran. Ternyata, manfaat teh lebih dari itu.

Secangkir teh memang punya banyak manfaat untuk tubuh. Teh ampuh untuk meredakan sakit tenggorokan dan bahkan membantu mencegah kanker dan diabetes, hingga membantu Anda menurunkan berat badan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Minum teh dapat membantu menurunkan berat badan atau pemeliharaan berat badan karena teh mengisi kekosongan minuman yang tinggi gula dan kalori,” kata Josh Axe, pendiri Ancient Nutrition dikutip dari Prevention.

“Saat Anda mengganti rasa latte, kopi dengan tambahan krim dan gula, dan soda atau jus manis, dan menggantinya dengan teh, Anda mengurangi kalori dalam jumlah besar setiap hari.”

Sebagai tambahan, selain tak berkalori (jika tak ditambah gula dan bahan lainnya), beberapa jenis teh mengandung senyawa tertentu yang bisa mendorong pembakaran lemak lebih tinggi.

Melansir berbagai sumber, berikut ini beberapa teh penurun berat badan yang bisa Anda coba, tentunya perlu diimbangi dengan pola makan yang sehat dan rutin berolahraga.

1. Teh hijau

Cikal bakal minuman penurun berat badan adalah teh hijau – teh ini mengandung antioksidan yang disebut katekin, termasuk zat yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG), yang dipercaya dapat meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lemak.

“Para peneliti telah menemukan bahwa ekstrak teh hijau menyebabkan perubahan ekspresi gen metabolisme lemak, terutama bila dikonsumsi secara konsisten untuk jangka waktu yang lebih lama,” kata Axe.

Satu penelitian di China menemukan bahwa ketika subjek minum teh yang sangat kaya katekin dua kali sehari, setelah 90 hari mereka melihat penurunan lemak perut, kehilangan rata-rata 1,9 cm lingkar pinggang dan 2,6 pon berat badan, dan berat badan besar lainnya.

Tinjauan penelitian menyimpulkan bahwa campuran teh hijau EGCG dan kafein memiliki efek positif pada penurunan berat badan dan manajemen berat badan.

2. Teh hitam




Ilustrasi. Salah satu teh penurun berat badan adalah teh hitam. (iStockphoto/Seva_blsv)

Teh hitam merupakan jenis teh yang mengalami proses oksidasi lebih banyak dibandingkan jenis teh lainnya. Beberapa penelitian menemukan bahwa teh hitam efektif untuk mengontrol berat badan.

Mengutip Healthline, beberapa ilmuwan berteori bahwa manfaat ini didapat dari kandungan flavonoid yang dimiliki teh hitam.

Sebuah studi menemukan, orang dengan asupan flavonoid yang tinggi memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah daripada mereka yang jarang mendapatkan asupan flavonoid.

3. Teh oolong

Meskipun teh hijau telah lama dianggap sebagai variasi pilihan untuk menurunkan berat badan, beberapa peneliti percaya bahwa oolong – teh Cina yang berada di antara hijau dan hitam lebih ampuh untuk menurunkan berat badan.

Teh oolong meningkatkan thermogenesis (sehingga tubuh menghasilkan panas dari energi, sehingga membakar lebih banyak kalori), dan menekan produksi sel lemak baru.” kata Axe.

4. Teh putih

Teh penurun berat badan selanjutnya adalah teh putih. Teh putih diketahui dapat membantu menekan nafsu makan dan meningkatkan metabolisme.

Mengutip NDTV, manfaat ini didapat dari kandungan katekin yang dimiliki teh putih. Konsumsi teh putih secara teratur untuk menurunkan berat badan Anda.

5. Teh telang




4 mugs with different types of tea in a ring of dry herbal tea mix. concept tea time. concept different taste in family. (iStockphoto/Mariia Sibatrova)Ilustrasi. Salah satu teh penurun berat badan adalah teh telang. (iStockphoto/Mariia Sibatrova)

Teh telang diklaim efektif membantu menurunkan berat badan. Penelitian menemukan, konsumsi teh telang secara teratur dapat meningkatkan metabolisme, yang pada gilirannya membantu membakar lemak lebih banyak.

Penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Obesity and Related Metabolic Disorder juga menemukan bahwa teh telang dapat membantu mencegah obesitas.

6. Teh herbal

Teh herbal biasanya terbuat dari rempah, buah, atau sejenis tumbuhan yang dikeringkan kemudian diseduh air panas untuk dinikmati. Teh jenis ini cukup populer dan digemari karena tidak mengandung kafein.

Beda bahan, beda pula manfaatnya. Namun, beberapa teh herbal bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Salah satunya adalah teh rooibos. Teh herbal satu ini efektif untuk membakar lemak.

7. Teh puerh

Teh ini mungkin tak begitu familiar di telinga Anda. Teh puerh adalah teh hitam dari China yang telah melalui proses fermentasi. Studi pada hewan dan manusia membuktikan teh puerh bisa membantu menurunkan berat badan.

Mengutip situs kesehatan Healthline, sebuah studi yang melibatkan sebanyak 70 pria yang diberi kapsul teh puerh dan placebo. Mereka yang mengonsumsi kapsul bisa kehilangan berat badan hingga 1 kilogram.

Itulah 7 teh penurun berat badan yang cocok dicoba saat Anda sedang diet. Semoga membantu.

(pua/pua)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts