7 Sayuran yang Mengandung Kalsium, Jaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Menjaga asupan makanan jadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan ginjal. Ada beberapa sayuran yang bisa berdampak buruk buat ginjal jika dikonsumsi berlebih.

Daftar Isi



Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Kalsium merupakan mineral esensial yang penting untuk menjaga fungsi tubuh terutama tulang. Selain terdapat di dalam produk susu, kalsium juga terkandung di dalam sayur-sayuran. Apa saja sayuran yang mengandung kalsium?

Kalsium dikenal bermanfaat untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi, meningkatkan fungsi saraf, otot, serta metabolisme tubuh.

Anda bisa mendapatkan kalsium dari makanan-makanan yang dikonsumsi setiap hari, seperti susu, keju, yogurt, buah, hingga sayuran.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Rupanya ada banyak jenis sayuran yang mengandung kalsium, terutama sayuran berwarna hijau. Untuk mengetahui sayuran apa saja yang mengandung kalsium, simak ulasannya berikut ini:

1. Bayam

Mengutip Medical News Today, dalam satu cangkir bayam mentah mengandung 29,7 mg kalsium. Sebagai sumber kalsium yang baik, bayam mampu memenuhi kebutuhan kalsium harian hingga 10%.

Selain itu, bayam juga mengandung nutrisi lain seperti protein, zat besi, vitamin A, vitamin K, dan serat.

2. Kale

Sayuran hijau yang populer di antara para pelaku diet ini menawarkan kalsium hingga 132 miligram untuk setiap 100 gramnya.

Kadar tersebut dapat mencukupkan kebutuhan harian butuh terhadap kalsium hingga 10%.

3. Brokoli




Ilustrasi. Sayuran yang mengandung kalsium salah satunya adalah brokoli. (iStockphoto/Mizina)

Menukil Time Magazine, dalam 2 cangkir brokoli mentah mengandung 86 miligram kalsium.

Selain itu, sayuran ini mengandung hampir dua kali lipat vitamin C dari jeruk. Penelitian juga menunjukkan bahwa pola makan tinggi sayuran seperti brokoli mungkin dikaitkan dengan penurunan risiko jenis kanker tertentu, termasuk kanker usus besar dan kandung kemih.

4. Pakcoy

Sayuran yang mengandung kalsium selanjutnya adalah pakcoy. Dalam 100 gram pakcoy mengandung 93 miligram kalsium.

Selain itu, sayuran ini juga mengandung serat, vitamin A, C, K, B6, asam folat, antioksidan, dan beta karoten. Kandungan nutrisi dalam pakcoy tidak hanya menyehatkan, tetapi juga berkhasiat untuk melindungi tubuh dari sejumlah risiko penyakit.

5. Parsley




Herb: Bunch of italian parsley.Ilustrasi. Parsley adalah salah satu sayuran yang mengandung kalsium. (iStockphoto/MmeEmil)

Satu cup parsley mengantongi sekitar 83 miligram kalsium.

Sayuran tinggi kalsium ini dapat memenuhi kebutuhan kalsium harian hingga 6%. Jadi, tak heran bila parsley adalah salah satu sayuran yang mengandung kalsium yang baik untuk Anda.

6. Okra

Selain kalsium, okra mengandung serat tidak larut yang dapat melawan sembelit, serta vitamin B6 dan folat. Selain direbus, okra juga nikmat diolah dengan cara dipanggang dalam oven, tumis, atau di-grill.

7. Daun turnip

Bagian daun dari turnip tak kalah bernutrisi dari umbinya, termasuk menawarkan kalsium dalam kadar yang cukup.

Setiap penyajian 100 gram, daun turnip memiliki kandungan kalsium dengan kadar 137 miligram. Kadar kalsium dalam sajian tersebut dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh hingga 11%.

Itulah 7 sayuran yang mengandung kalsium untuk memelihara kesehatan tulang. Semoga bermanfaat.

(pua/pua)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts