7 Sayuran Paling Tinggi Kalsium, Bisa Jadi Alternatif Susu

Kalsium tak cuma didapat dari susu. Ada juga beberapa sayuran tinggi kalsium yang bisa Anda coba jika tak suka susu.

Daftar Isi



Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Kalsium tak cuma didapat dari susu. Ada juga beberapa sayuran tinggi kalsium yang bisa Anda coba jika tak suka susu.

Kalsium merupakan mineral yang paling melimpah di dalam tubuh. Mengutip Medical News Today, manusia membutuhkan kalsium untuk membangun dan memelihara tulang yang kuat.

Selain itu, kalsium juga penting untuk menjaga komunikasi yang sehat antara otak dan bagian tubuh lainnya. Kalsium berperan dalam pergerakan otot dan fungsi kardiovaskular.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Umumnya, orang dewasa disarankan mendapatkan asupan 1.000 miligram kalsium per hari.

Kalsium sendiri secara alami banyak ditemukan di dalam makanan. Susu merupakan salah satu sumber kalsium yang paling populer.

Sayuran tinggi kalsium

Sayangnya, tak semua orang menyukai susu. Beberapa orang bahkan memiliki intoleransi laktosa yang biasa terdapat dalam susu.

Sebagai alternatif sumber kalsium, Anda bisa mencoba beberapa sayuran berikut ini.

1. Edamame

Edamame merupakan salah satu sayuran tinggi kalsium. Mengutip Healthline, dalam setiap 155 gram edamame matang biasanya mengandung 8 persen kebutuhan kalsium harian.

Selain kalsium, edamame juga merupakan sumber protein dan folat yang baik.

2. Kale

Bukan rahasia lagi, kale jadi salah satu sayuran yang dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan.

Menukil laman Food Data, dalam setiap 100 gram kale terdapat 132 miligram kalsium atau sekitar 10 persen dari kebutuhan harian.

3. Daun bit




Ilustrasi. Daun bit, salah satu sayuran tinggi kalsium. (skeeze/Pixabay)

Tak cuma buahnya, bagian daun bit juga bisa diolah menjadi sajian teman menyantap nasi.

Anda juga bisa menjadikan daun bit sebagai sumber kalsium alternatif selain susu. Dalam setiap 100 gram daun bit terkandung 114 miligram kalsium atau sekitar 9 persen dari kebutuhan harian.

4. Pakcoy

Pakcoy jadi salah satu sayuran favorit banyak orang. Sayuran satu ini mudah diolah dan dipadukan dengan apa pun.

Pakcoy sendiri mengandung 93 miligram kalsium atau sekitar 7 persen dari kebutuhan harian dalam setiap 100 gram-nya.

5. Kacang polong

Jangan lupa masukkan kacang polong dalam menu harian. Kacang polong juga jadi salah satu makanan yang mengandung kalsium.

Setiap 100 gram kacang polong mengandung 59 miligram kalsium atau sekitar 5 persen dari kebutuhan harian.

6. Peterseli

Peterseli juga jadi salah satu sayuran yang mengandung kalsium.

Setiap 100 gram peterseli mengandung 138 miligram kalsium atau sekitar 11 persen dari kebutuhan harian.

7. Brokoli

Sama seperti kale, brokoli juga dikenal sebagai salah satu ‘super food’. Salah satunya sebagai sayuran tinggi kalsium yang bisa Anda jadikan asupan harian.

Setiap 100 gram brokoli umumnya mengandung 40 miligram kalsium atau sekitar 3 persen dari kebutuhan harian.

(asr/asr)



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts