7 Ramuan Ini Bisa Bikin Panjang Umur, Lindungi dari Penyakit Kronis

Ada banyak cara untuk mendapatkan umur panjang. Selain rutin melakukan kebiasaan baik, Anda bisa konsumsi ramuan yang bikin panjang umur berikut ini.
Jakarta, CNN Indonesia

Ada banyak cara untuk mendapatkan umur panjang. Selain rutin melakukan kebiasaan baik, Anda bisa konsumsi ramuan yang bisa bikin panjang umur berikut ini.

Read More

Setiap orang memiliki peluang untuk berumur panjang. Bahkan, Anda yang saat ini masih belia atau baru berusia 20an juga berpotensi memiliki umur panjang hingga mencapai 100 tahunan.

Sebenarnya, memiliki umur panjang berkaitan erat dengan bagaimana Anda menjalani hidup sehari-hari. Mulai dari olahraga, makanan, bahkan minuman yang Anda konsumsi juga berpengaruh terhadap umur panjang.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Benar, salah satu rahasia agar Anda berumur panjang adalah mengonsumsi minuman yang tepat. Beberapa minuman diyakini bisa membuat usia Anda lebih panjang karena bisa meningkatkan kesehatan.

Beberapa minuman atau ramuan yang bisa membuat umur panjang adalah sebagai berikut:

1. Jus cranberry

Cranberry memang kaya manfaat. Ketika dibuat ramuan berupa jus manfaatnya tidak hilang, justru semakin bertambah.

Melansir Longevity, mengonsumsi jus cranberry yang rendah kalori ternyata bisa membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Jus ini mengandung polifenol dan antioksidan, yang bisa melawan peradangan dan kemungkinan terkena penyakit jantung.

Selain itu, jus cranberry juga mengandung nutrisi penting seperti, vitamin C, vitamin B6, hingga vitamin E yang bisa meningkatkan kesehatan tubuh.

2. Kopi




Ilustrasi. Kopi salah satu ramuan yang bisa bikin panjang umur. (iStock/Davizro)

Kafein dalam kopi menawarkan banyak manfaat kesehatan, tentunya selama Anda meminumnya tanpa campuran gula atau krim.

Kopi membantu Anda berumur panjang. Pasalnya kopi kaya akan nutrisi penting. Mulai dari vitamin B5, mangan, magnesium, potassium, hingga niacin.

Mengonsumsi kopi bisa menurunkan risiko kanker, depresi, penyakit hati, penyakit neurodegeneratif, dan diabetes tipe 2.

3. Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang cukup banyak. Antioksidan ini mendukung kekebalan tubuh dan melindungi kesehatan jantung, salah satunya dengan mengurangi kolesterol di tubuh.

Melansir Eat This Not That, penelitian di Jepang menemukan bahwa orang yang sering minum teh hijau memiliki umur lebih panjang.

Selain itu, penelitian lain pada 2020 lalu menemukan bahwa minum teh hijau dikaitkan dengan menurunkan risiko kematian pada mereka yang didiagnosis menderita diabetes tipe 2.

4. Green juice

Jus hijau atau green juice yang berasal dari sayuran dan buah-buahan ternyata bisa membuat panjang umur. Anda bisa membuat campuran wortel, apel, jeruk, seledri, dan jahe segar untuk mengawali hari. Campuran ini mengandung serat, kaya vitamin, dan mineral.

5. Jus pare




Fresh bitter melon or pare on white bowl. healty vegetable with contains many nutrients that are good for the body. dark backgroundIlustrasi. Jus pare salah satu ramuan yang bisa bikin Anda panjang umur. (iStockphoto/Muhammad Senopati)

Bagi sebagian orang, jus pare mungkin terdengar aneh dan mengerikan. Tapi bagi penduduk Okinawa yang terkenal dengan orang-orang berumur panjang, pare jadi salah satu rahasia berumur panjang.

Disebutkan bahwa 100 gram pare mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Penelitian juga menunjukan bahwa jus pare memiliki sifat melawan kanker dan dapat meningkatkan kolesterol baik sekaligus menurunkan kolesterol jahat.

6. Teh hitam

Sama halnya dengan teh hijau, teh hitam juga mengandung banyak manfaat. Mulai dari Kafein, polifenol antioksidan, hingga flavonol ada dalam teh hitam.

Melansir berbagai sumber, teh hitam bisa melindungi Anda dari berbagai penyakit kronis. Mulai dari diabetes tipe 2, kanker, stroke, hingga penyakit kardiovaskular.

7. Kombucha

Kombucha mengandung banyak antioksidan yang baik untuk tubuh. Selain itu, minuman ini juga mengandung probiotik, bakteri baik yang bermanfaat untuk kesehatan usus Anda.

Sebuah laporan pada 2018 menyimpulkan bahwa mikrobioma yang seimbang dapat menghasilkan sistem kekebalan yang lebih kuat.

Kombucha juga mengandung asam asetat yang terkenal dengan sifat antimikroba. Dengan kata lain, mungkin bisa membunuh bakteri berbahaya di tubuh Anda.

(tst/pua)


[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts