7 Obat Alami Alergi Dingin, Mandi Pakai Oatmeal

Kolesterol tinggi jadi masalah bagi banyak orang. Ada beberapa gejala kolesterol pada kulit yang perlu diperhatikan.

Daftar Isi



Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Musim hujan jadi kekhawatiran bagi penderita alergi dingin karena berpeluang lebih sering kambuh. Lantas, adakah obat alami alergi dingin?

Alergi dingin atau cold urticaria, adalah respons kulit terhadap paparan udara dingin yang dapat menimbulkan berbagai gejala.

Kondisi ini sering kali ditandai dengan munculnya benjolan dan rasa gatal pada kulit beberapa saat usai terpapar udara dingin.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Meski dalam banyak kasus cold urticaria bakal mereda dengan sendirinya ketika suhu udara kembali normal, namun penting untuk melakukan perawatan yang tepat jika gejala berlanjut dan semakin parah.

Sebelum memeriksakannya ke dokter di klinik atau rumah sakit, Anda bisa mencoba obat alami alergi dingin di rumah berikut ini melansir dari berbagai sumber.

1. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih sangat mudah ditemukan dan disebut efektif dalam mengobati alergi pada kulit, termasuk alergi dingin karena memiliki sifat antimikroba.

Caranya, dengan menambahkan minyak kayu putih ke air dan balurkan ke bagian yang alergi. Selain itu, minyak kayu putih juga membantu untuk melegakan pernapasan.

2. Konsumsi madu

Madu memang telah dipercaya sejak lama dapat mengatasi sistem imun tubuh yang menurun. Sebagai cara mengobati alergi dingin, Anda bisa konsumsi madu secara langsung atau sembari dicampur dengan teh hangat.

3. Oatmeal




Ilustrasi. Salah satu obat alami alergi dingin adalah mandi dengan oatmeal. (Istockphoto/ 4nadia)

Obat alami alergi dingin selanjutnya adalah oatmeal. Mengutip Healthline, sifat anti-inflamasi oatmeal dapat meredakan gatal-gatal, selama Anda tidak alergi terhadap komponen apa pun dalam oatmeal.

Caranya tambahkan hingga satu setengah cangkir oatmeal koloidal ke dalam bak mandi, pastikan airnya tidak terlalu panas. Terlalu banyak panas dapat memicu gatal-gatal dan membuat pengobatan tidak efektif.

Berendam atau mandi dalam rendaman oatmeal tidak lebih dari 15 menit, dan hindari menggaruk kulit dengan handuk saat mengeringkan.

4. Lidah buaya

Gel lidah buaya mengandung banyak sekali senyawa antimikroba yang berharga, selain sebagai bahan penghidrasi alami.

Mengutip Net Meds, caranya cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya dalam jumlah banyak pada malam hari sebelum tidur secara efektif akan menyembuhkan kemerahan dan iritasi yang dialami pada gatal-gatal karena alergi dingin.

5. Minum teh hijau




tea cup with tea leavesIlustrasi. Salah satu obat alami alergi dingin adalah teh hijau. (iStockphoto/KMNPhoto)

Cara mengobati alergi dingin secara alami berikutnya adalah minum segelas teh hijau yang mengandung antihistamin. Saat tubuh terpapar oleh zat asing pemicu alergi, sistem imun akan melepaskan sejumlah bahan kimia yang disebut histamin.

Dalam hal ini, teh hijau diyakini dapat menahan tubuh agar tidak melepaskan bahan kimia tersebut, sehingga mencegah maupun meredakan alergi.

Konsumsilah teh hijau hangat sekitar 1-2 cangkir per hari atau bisa dicampur dengan madu supaya lebih efektif.

6. Kompres dingin

Alergi dingin atau biduran bisa diperparah dengan air panas, makan kompreslah dengan air dingin sekitar 10 menit untuk meredakan iritasi.

Bungkus es dengan handuk atau kain lembut dan oleskan ke kulit Anda. Untuk kompres es yang sesuai dengan tubuh, pertimbangkan untuk membungkus sekantong sayuran beku untuk dioleskan ke kulit.

7. Hindari makanan pemicu alergi




focus on raw organic duck eeg, blurred  background with red bowl  and other duck eggs on white background, isolateIlustrasi. Selain pakai obat alami alergi dingin, penting untuk menghindari makanan pemicu alergi untuk meringankan gejalanya. (iStockphoto/Raywatt Jhantarangura)

Meskipun alergi dingin umumnya disebabkan kondisi udara, namun penting untuk memilih makanan yang tepat agar tidak memicu alergi semakin parah.

Misalnya, ikan, kacang tanah, produk susu, telur, dan kafein. Hal ini akan membantu mengurangi peradangan kulit dan menghilangkan gatal-gatal.

Itulah 7 obat alami alergi dingin yang bisa Anda coba di rumah. Semoga membantu.

(pua/pua)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts