7 Minuman Tradisional Qatar, Ada Teh yang Rasanya Gurih-Pedas

Qatar memasang aturan ketat soal penjualan bir. Tapi jangan khawatir, ada banyak minuman khas Qatar lainnya yang bisa memuaskan dahaga Anda.

Jakarta, CNN Indonesia

Read More

Qatar memasang aturan ketat soal penjualan bir. Tapi jangan khawatir, ada banyak minuman khas Qatar lainnya yang bisa memuaskan dahaga Anda.

Umumnya, setiap negara pasti memiliki kulinernya yang khas, termasuk di antaranya minuman. Sama seperti lainnya, Qatar juga punya deret minuman yang membanggakan.

No beer no cry, ada sederet minuman tradisional Qatar yang sebenarnya tidak layak untuk dilewatkan.

1. Teh karak (karak chai)

Dalam bahasa Hindi, karak chai berarti teh kental. Teh menggunakan lima bahan utama yakni, teh, air, susu, gula. dan kapulaga.

Minuman ini sebenarnya berasal dari wilayah selatan Asia. Pada 1950-an, para pekerja yang kembali dari Pakistan dan India memperkenalkan teh karak di kampung halamannya.

Teh karak hadir dalam berbagai versi. Ada yang menambahkan cengkeh, kayu manis, atau saffron untuk menambah rasa. Teh karak rasanya manis, gurih, dan pedas. Semakin lama direbus, teh akan semakin gurih.

2. Rumman

Rumman mengacu pada buah delima dalam bahasa Arab. Minuman ini berupa sirup buah delima dengan rasa tajam dan manis yang kuat.

Seperti dikutip dari Hey That Taste Good, Anda bisa menikmati rumman tanpa tambahan gula. Sirup biasanya disajikan dengan campuran perasan lemon untuk rasa asam yang segar.

3. Laban

Di Qatar, juga negara-negara Timur Tengah lainnya, laban begitu disukai. Minuman ini adalah yogurt dingin.

Secara umum, laban merupakan jenis susu fermentasi. Laban menggunakan bahan utama berupa susu segar dengan kandungan lemak tinggi (1-3 persen) dan krim asam.

Orang Timur Tengah biasanya menenggak secangkir laban segar tiap kali bersantap. Secara tidak langsung, laban akan menambah rasa pada makanan dan berkontribusi pada pencernaan yang lebih baik.

4. Gahwa

Di negara-negara teluk, termasuk Qatar, menyajikan gahwa buat tamu menyimbolkan keramah-tamahan. Gahwa atau kopi Arab telah jadi bagian integral dalam budaya setempat.

Minuman ini terbuat dari kopi yang dididihkan bersama kapulaga dan saffron. Seperti dikutip dari Daily Sabah, gahwa akan dituangkan dari dallah (teko) emas atau perak ke cangkir kecil.

5. Limonana

Udara panas Qatar mungkin cuma bisa ditaklukkan limonana. Limonana adalah minuman limun populer di Qatar dan kawasan Timur Tengah.

Nama limonana awalnya ada karena dibuat oleh perusahaan iklan di era 1990-an. Iklan tersebut makin populer dan orang mulai menggunakan istilah limonana.

Limonana sebenarnya kombinasi kata ‘limon‘ dan ‘nana‘ yang berarti limun dan mint dalam bahasa Arab. Limonana dibuat dengan mencampur perasan lemon, gula, mint, air, dan es batu dalam blender.

6. Tamar hindi

Selain rumman dan limonana, minuman segar untuk menghalau udara panas adalah tamar hindi atau dalam bahasa Arab berarti asam (tamarind). Minuman ini mudah sekali didapat di kafe, restoran, dan pedagang kaki lima di pinggir jalan.

Tamar hindi memadukan tiga bahan yakni asam jawa, gula, dan air. Di Qatar, Anda bisa menemukan tamar hindi dalam bentuk serbuk dan tinggal diseduh.

7. Jallab

Tak hanya di Qatar, jallab populer di Timur Tengah. Jallab terbuat dari buah carob, molase anggur, air mawar, dan kurma. Minuman hadir dalam sirup yang tinggal diencerkan dengan air.

Dulu, orang membuat jallab dengan merendam buah kurma bersih selama berjam-jam sebelum direbus. Setelah direbus, air kurma disaring dengan kain katun tipis dan dikeringkan di atap rumah.

Jallab biasa ditemukan di toko minuman atau pedagang di pinggir jalan.

(els/asr)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts