7 Maskapai Lokal Favorit Orang RI, Garuda Indonesia Peringkat Pertama

Rute baru Garuda Indonesia Denpasar-Sorong ini memudahkan wisatawan yang ingin berlibur ke Raja Ampat dengan berangkat dari Bali.


Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Sebagai moda transportasi andalan masyarakat Indonesia, terdapat sederet maskapai penerbangan yang melayani rute lokal. Mengingat negara ini berbentuk kepulauan, pesawat terbang banyak digunakan masyarakat untuk perjalanan.

Dengan pesawat, waktu tempuh yang didapat lebih cepat dibanding kapal laut. Berbagai maskapal lokal pun dimanfaatkan warga RI untuk memfasilitasi perjalanan mereka.

Nama-nama seperti Citilink, Sriwijaya Air, Garuda Indonesia, Lion Air, Indonesia AirAsia, Super Jet Air tidak asing di telinga pelancong di tanah air. Tapi, di luar nama itu juga masih ada Nam Air, Wings Air, Trigana Air, hingga TransNusa.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lalu, maskapai apa saja yang menjadi andalan sekaligus favorit bagi orang Indonesia untuk melakukan perjalanan?

Seperti dikutip Detik, berdasarkan laman survei platform online Jakpat, Garuda Indonesia menjadi maskapai favorit orang Indonesia dengan persentase 74,7 %. Citilink menempati peringkat kedua dengan raihan 39,1%.

Di posisi ketiga ada Lion Air sebagai maskapai penerbangan favorit orang Indonesia dengan perolehan 29,8%. Batik Air menduduki urutan keempat dalam daftar ini dengan persentase 29,3%.

Survei yang dilakukan JakPat ini melibatkan 396 responden dan dilakukan survei ini pada 21 November 2022. Jenis pertanyaannya adalah multiple answer, sehingga responden bisa memilih lebih dari satu jawaban.

Survei tentang maskapai lokal favorit warga Indonesia ini dilakukan melalui aplikasi Jakpat Apps. Kendati tahun sudah berganti, belum ada survei terbaru mengenai maskapai lokal favorit orang RI.

Berikut daftar 7 maskapai favorit orang RI dari hasil survei Jakpat.

1. Garuda Indonesia dipilih 74,7% responden.
2. Citilink dipilih 39,1% responden
3. Lion Air dipilih 29,8% responden
4. Batik Air dipilih 29,3% responden
5. Air Asia dipilih 26,8% responden
6. Sriwijaya Air dipilih 20,5% responden
7. Super Jet Air dipilih 11,4% responden

Bukan tanpa alasan Garuda Indonesia menjadi maskapai favorit orang RI. Sebab, maskapai nasional ini pernah menyabet sejumlah penghargaan di dunia penerbangan. Yang terbaru, Garuda Indonesia memenangi penghargaan “The World’s Best Airline Cabin Crew 2023” dalam World Airline Awards.

Itu menjadi penghargaan serupa yang diraih Garuda Indonesia sebanyak enam kali. Pada 2022, Garuda Indonesia juga dilabeli sebagai maskapai global paling tepat waktu.

Berdasarkan data Punctuality League 2023 oleh OAG Flight View, Garuda Indonesia mencapai tingkat ketepatan waktu sebesar 95,3%. Garuda sukses mengungguli beberapa maskapai ternama, seperti All Nippon Airways (ANA), Japan Airlines, Etihad Airways, hingga Emirates.

(wiw)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts