7 Makanan yang ‘Membunuh’ Libido Pria, Bercinta Jadi Malas-malasan

Ada beberapa makanan yang bisa menurunkan libido pria. Hati-hati, sebaiknya batasi atau hindari daftar makanan berikut ini agar bercinta tetap panas.
Jakarta, CNN Indonesia

Ada beberapa makanan yang bisa menurunkan libido, utamanya di kalangan pria. Hati-hati, sebaiknya batasi atau hindari makanan-makanan tersebut agar bercinta tetap panas.

Read More

Libido dipengaruhi oleh sejumlah faktor, termasuk sosiologis, psikologis, dan hormonal.

“Baik pada pria maupun wanita, hormon testosteron mendorong libido manusia. Testosteron rendah berarti dorongan seks rendah,” ujar Michael Hirt, pendiri Center for Integrative Medicine, seperti dikutip dari Insider.

Anda sebenarnya tak harus serta merta mengeliminasi daftar makanan yang menurunkan libido. Namun, asupannya perlu dibatasi sebab bisa membawa pengaruh buruk di ranjang.

1. Makanan kalengan

Makanan kalengan, termasuk sup kaleng, mengandung sodium begitu tinggi. Sodium dikenal mampu meningkatkan tekanan darah dan membawa kerusakan jantung dalam jangka panjang.

Untuk urusan ranjang, makanan kalengan jelas bukan menu yang baik. Sodium akan menurunkan aliran darah. Buat pria, hal ini adalah bencana sebab aliran darah diperlukan untuk ereksi.

2. Keju

Spaghetti? Roti isi? Boleh saja jadi menu jelang bercinta. Namun, sebaiknya sisihkan keju atau produk susu lain pada menu makanan Anda.

Keju, terutama keju dari susu sapi, mengandung hormon sintetis dan berpotensi mengacaukan produksi hormon alami tubuh. Hormon alami tubuh ini termasuk estrogen dan testosteron, yang berperan dalam pembentukan libido.

3. Mint


Ilustrasi. Makanan berbahan daun mint bisa menurunkan gairah seksual pria. (Kham Tran/Wikipedia)

Kesegaran mint dianggap mampu menyelamatkan mulut. Siapa yang mau berciuman jika mulut penuh bau bawang atau bau menyengat lain?

Hanya saja, demi libido tetap terjaga, sebaiknya setop konsumsi produk berbahan mint.

“Menthol pada mint cenderung menurunkan testosteron, yang mana akan menurunkan libido,” ujar ahli gizi Frida Harju, mengutip dari Cosmopolitan.

4. Licorice

Tanaman licorice memang sering digunakan untuk pembuatan permen, teh herbal, dan minuman lain. Licorice membuat permen atau minuman memiliki rasa lezat yang unik.

Akan tetapi, Harju menjelaskan bahwa licorice mengandung fitoestrogen yang memengaruhi kadar testosteron pada pria dan wanita. Licorice, dengan kata lain, mampu melemahkan hasrat seksual Anda.

5. Gorengan

Segala sesuatu yang digoreng memang terasa nikmat. Tempe, tahu, pisang, ubi goreng sulit untuk dilewatkan apalagi dijadikan kudapan teman minum teh.

Namun, gorengan yang biasa Anda beli menggunakan minyak yang sudah digunakan berkali-kali.

Kandungan lemak pada minyak seperti ini cenderung berupa lemak trans yang mampu memicu berbagai masalah kesehatan, termasuk menurunkan hormon testosteron.

6. Sereal corn flakes

Sereal corn flakes terlihat sempurna sebagai menu sarapan. Namun, jangan sekali-kali menjadikannya sebagai menu jelang bercinta.

“Kecuali Anda menambahkan beberapa afrodisiak alami seperti bubuk kayu manis yang menghangatkan tubuh atau sedikit madu yang meningkatkan produksi estrogen dan testosteron,” ujar Harju.

7. Kedelai

Segala produk pangan dari kedelai berhubungan dengan peningkatan hormon estrogen. Berangkat dari teori sederhana ini, sebaiknya menu protein shake dari kedelai dieliminasi sebelum bercinta.

Konsumsi protein dari kedelai akan menurunkan libido secara signifikan.

(els/asr)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts