7 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Memiliki masalah pencernaan tentunya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Sejumlah makanan tertentu dipercaya baik untuk kesehatan pencernaan.

Daftar Isi



Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Memiliki masalah pencernaan tentunya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Sejumlah makanan tertentu dipercaya baik untuk kesehatan pencernaan.

Saluran pencernaan memainkan peran penting dalam kesehatan, karena bertanggung jawab untuk menyerap nutrisi dan membuang limbah dari dalam tubuh.

Namun, sejumlah faktor memungkinkan seseorang mengalami masalah pencernaan seperti kembung, kram perut, diare, hingga sembelit. Bahkan, kondisi kesehatan tertentu seperti GERD membuat Anda berisiko mengalami masalah pencernaan yang lebih parah.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Gangguan pencernaan sendiri bisa terjadi karena banyak hal, termasuk kekurangan serat atau makanan yang mengandung probiotik. Karena itu, penting untuk selalu menjaga asupan makanan agar pencernaan selalu sehat.

Melansir berbagai sumber, berikut ini sejumlah makanan yang baik untuk kesehatan pencernaan.

1. Yogurt

Mengutip Healthline, yogurt mengandung probiotik atau bakteri baik yang mampu menjauhkan orang dari masalah pencernaan seperti konstipasi, kembung, dan diare. Laktosa yang sulit dicerna pun bisa diatasi berkat yoghurt.

2. Pepaya

Buah yang satu ini terkenal sejak dulu akan khasiatnya untuk kesehatan pencernaan. Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu ‘meluruhkan’ makanan sehingga pencernaan lancar. Enzim ini juga ampuh mengatasi gejala irritable bowel syndrome (IBS) seperti kembung dan konstipasi.

3. Apel




Ilustrasi. Apel termasuk makanan yang baik untuk kesehatan pencernaan. (iStockphoto/jlipko)

Apel merupakan sumber serat yang disebut pektin. Serat jenis ini dapat dengan mudah dicerna oleh bakteri ‘baik’ pada usus yakni, Eubacterium eligens dan Lachnospira pectinoschiza.

Pektin membantu meningkatkan pergerakan usus sehingga pencernaan lancar dan terhindar dari konstipasi dan diare. Tak hanya itu, apel juga membantu menurunkan inflamasi pada usus besar dan infeksi usus kecil.

4. Kiwi

Mengutip Everyday Health, kiwi termasuk makanan yang baik untuk pencernaan. Sebuah penelitian pada 2021 di American Journal of Gastroenterology menemukan bahwa orang yang makan dua buah kiwi sehari dapat meredakan sembelitnya lebih baik dibandingkan pasien yang mengonsumsi buah plum atau psyllium.
Kelompok yang diberi kiwi juga memiliki lebih sedikit efek samping negatif dan paling menikmati makanan berserat tinggi.

“Kami benar-benar ingin orang-orang menggunakan makanan utuh untuk membantu pencernaan mereka dan kiwi adalah cara yang bagus untuk membantu diri Anda sendiri,” kata Suzie Finkel, ahli diet yang berbasis di New York City.

5. Jahe

Jahe selama ini dikenal sebagai bumbu masakan sekaligus ampuh mengusir hawa dingin dari tubuh.

Jahe ternyata juga dapat membantu mempercepat proses pencernaan dengan memindahkan makanan dari lambung ke usus. Jahe juga ampuh berfungsi sebagai antiinflamasi.

6. Pisang




Ilustrasi Buah pisangIlustrasi. Pisang termasuk makanan yang baik untuk kesehatan pencernaan. (Hans/Pixabay)

Pisang merupakan salah satu makanan terbaik untuk pencernaan. Pisang tak hanya sekadar jadi makanan penutup tapi juga mencegah diare dan membantu mengatur pergerakan usus.

Pisang kaya akan potasium dan elektrolit yang memperlancar pencernaan. Jadi daging tak akan terlalu lama menghuni perut atau usus.

7. Kunyit

Kunyit merupakan rempah yang mengandung kurkumin, memiliki sifat anti-inflamasi yang terbukti membantu berbagai kondisi yang dipicu oleh peradangan, termasuk penyakit jantung, penyakit radang usus, bahkan depresi, menurut sebuah makalah yang diterbitkan pada November 2021 di Drug Design, Development, and Therapy.

Penelitian tersebut juga mencatat bahwa kurkumin membantu mengatur mikrobiota usus, meredakan penderita radang usus, dan mengurangi peradangan yang kemungkinan dapat menyebabkan kanker usus besar.

“Kurkumin adalah anti inflamasi ampuh yang dapat membantu menenangkan saluran pencernaan saat Anda menderita masalah terkait peradangan,” kata Finkel.

Itulah 7 makanan yang baik untuk kesehatan pencernaan. Semoga membantu.

(pua/pua)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts