7 Kota di Dunia yang Paling Meriah Rayakan Imlek, Ada dari Indonesia

Banyak kota di dunia yang turut merayakan Imlek dengan sangat meriah, sehingga tidak jarang mengundang wisatawan untuk berkunjung ke sana.

Jakarta, CNN Indonesia

Imlek atau Tahun Baru China merupakan salah satu perayaan terbesar di dunia. Di berbagai belahan dunia, perayaan Imlek bakal terlihat, mengingat etnis Tionghoa banyak terdapat di berbagai negara.

Read More

Ketika perayaan Imlek, kamu akan menyaksikan karnaval hingga atraksi dengan hiasan dan ornamen berwarna merah dan emas. Di Indonesia, perayaan Imlek pun berlangsung meriah dan merupakan hari libur nasional dalam kalender.

Tahun ini, perayaan Imlek jatuh pada tanggal 22 Januari 2023. Banyak kota di dunia yang turut merayakan Imlek dengan sangat meriah, sehingga tidak jarang mengundang wisatawan untuk berkunjung ke sana.

Berikut deretan kota di dunia yang paling meriah rayakan Imlek.

1. Beijing


Warga China mudik jelang perayaan Imlek. (AFP/Wang Zhao)

Beijing merupakan ibu kota China, yang tentu bakal menggelar perayaan paling besar dan meriah di dunia. Perayaan Imlek di China adalah tentang keluarga, maka warga di sana banyak yang berkumpul bersama keluarga saat Imlek. Meskipun kasus Covid-19 di sana tengah melonjak, tapi angka mudik warganya saat Imlek begitu tinggi.

Salah satu perayaan yang khas dan tidak ada di tempat lain berlokasi di Ditan Temple Fair. Di sini, kita bisa melihat replikasi upacara tradisional dan suci khas era dinasti Qing (1636-1911). Upacara ini dilakukan untuk berdoa memohon atas kemakmuran dan kedamaian.

2. Hong Kong

Pada perayaan tahun baru Cina, setiap sudut Hong Kong yang khas metropolitan akan menjelma bernuansa Imlek. Di sini kita bisa melihat bagaimana Imlek dirayakan dengan perpaduan nuansa kontemporer.

Pusat perayaan Imlek di Hong Kong akan ada di dua lokasi utama, yaitu Victoria Harbor dan jalanan Tsim Sha Tsuji. Di Victoria Harbor, kita akan bisa melihat pertunjukan khas kawasan ini, lampu dan kembang api, sedangkan Tsim Sha Tsuji, kita akan melihat parade khas Imlek dengan berbagai pertunjukan tarian, seni bela diri, juga penampilan artis-artis lokal, sembari tentu saja menikmati makanan dari kedai-kedai pinggir jalan.

3. Sydney

Ketika Imlek, Sydney menjelma menjadi kota yang penuh warna dan lampu. Lampion-lampion menghiasi banyak sudut kota, banyak pertunjukan seni jalanan, dan yang paling penting, banyak berdiri pedagang makanan.

Pusat perayaan Imlek di Sydney ada di Chinatown dan salah satu kegiatan yang paling ramai ditonton adalah dragon boat race. Para pendayung akan beradu kecepatan dalam sampan naga sepanjang 12 meter dilengkapi tabuhan drum di setiap sampan. Acara ini akan diadakan di Darling Harbor.



4 Kota Dunia Lainnya yang Meriah Saat Rayakan Imlek

BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts