7 Kebiasaan yang Bikin Tekanan Darah Naik, Tak Sadar Kesepian

Keberhasilan kehamilan tak hanya berdasarkan tingkat kesuburan istri, tapi juga suami. Berikut beberapa kebiasaan sehat yang bisa meningkatkan kualitas sperma.

Jakarta, CNN Indonesia

Read More

“Jangan suka marah-marah, nanti darah tinggi.”

Nyatanya nasihat di atas bukan mitos. Sering marah-marah memang jadi salah satu kebiasaan yang menyebabkan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi alias hipertensi bukan sesuatu yang bisa disepelekan. Hipertensi disebut-sebut sebagai ‘silent killer‘ karena merupakan penyakit berbahaya yang kerap menyerang tanpa menimbulkan gejala.

Jika dibiarkan, hipertensi akan mengarah pada serangan jantung, stroke, penyakit ginjal sampai masalah pada fungsi seksual. Oleh karenanya, hindari kebiasaan-kebiasaan penyebab darah tinggi berikut ini.

1. Minum kopi susu berlebihan

Minum kopi sebenarnya tak jadi soal ketika dikonsumsi tidak berlebihan. Namun, konsumsi kopi berlebihan bisa meningkatkan tekanan darah.

Seperti dikutip dari American Heart Association (AHA), asupan kafein perlu dibatasi demi menjaga kesehatan kardiovaskular. Cukup mengonsumsi tiga cangkir kafein per hari.

2. Makan tanpa memperhatikan kandungan gulanya

Pernah cek kandungan gula sebelum membeli produk pangan? Banyak sekali produk pangan yang memberikan gula tambahan (added sugar) sehingga gula yang Anda konsumsi melebihi jumlah yang disarankan.

Saat gula masuk, tubuh melepas insulin untuk membantu membersihkan gula dari darah dan menariknya ke sel sehingga bisa digunakan untuk membentuk energi. Presiden AHA Donald Lloyd-Jones mengatakan bahwa insulin cenderung menaikkan tekanan darah.

“Jadi, jika Anda makan banyak gula tambahan atau pati sederhana, Anda mengalami ledakan insulin yang lebih intens dan lebih lama, yang akan meningkatkan tekanan darah,” kata Lloyd-Jones seperti dikutip dari AARP.

3. Merokok

Merokok juga jadi salah satu kebiasaan yang bisa menyebabkan darah tinggi. Kebiasaan merokok terbukti jadi faktor risiko serangan jantung dan stroke. Kandungan nikotin pada rokok patut disalahkan atas hal ini.

Nikotin mengakibatkan penyempitan pembuluh darah dan mempercepat denyut jantung sehingga tekanan darah meroket.

Simak kebiasaan yang menyebabkan darah tinggi lainnya di halaman berikutnya..



Minum Alkohol hingga Sering Marah

BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts