7 Kebiasaan yang Bikin Rumah Kamu Bau, Malas Bersihkan Anabul

Sepatu basah dan lembap karena hujan menyebabkan kaki lebih bau dari biasanya. Bagaimana menjaga kesehatan kaki agar tidak bau?

Daftar Isi



Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Rumah yang bersih dan wangi tentu membuat penghuni dan tamunya senang berlama-lama. Sebaliknya, jika di rumahmu tercium bau tak sedap tentu menimbulkan rasa tidak nyaman.

Sejumlah kebiasaan ini bisa menyebabkan rumah menjadi bau.

Ternyata membersihkan rumah secara rutin saja tidak cukup. Meskipun Anda membersihkannya secara rutin dan memiliki pengharum ruangan, ruangan tempat tinggal Anda tetap bisa menimbulkan bau yang tidak sedap.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bisa jadi bau di dalam rumah Anda timbul karena kebiasaan-kebiasaan yang tidak disadari setiap harinya. Simak beberapa kebiasaan tersebut dan inilah saatnya untuk mengubahnya agar rumah Anda terhindari dari bau.

1. Jarang buang sampah

Salah satu penyebab bau di dalam rumah adalah sisa makanan yang membusuk. Karena itu, kebiasaan tidak sering membuang sampah sebaiknya perlu Anda ubah.

Mengutip Real Simple, selain rutin membuang sampah, Anda juga perlu membersihkan tempah sampah di rumah dengan baik menggunakan cairan pembersih serba guna dan kain lap.

Salah satu trik untuk mengurangi bau tak sedap dari tempat sampah adalah dengan melapisi bagian bawahnya dengan beberapa lapis koran, karena akan menyerap kebocoran sampah yang berbau.

2. Tidak membersihkan bagian dalam kulkas

Salah satu barang di rumah yang sering kita abaikan untuk dibersihkan adalah bagian dalam lemari es. Tumpahan kecil, kebocoran dari wadah makanan, atau makanan yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa bisa menjadi masalah jika tidak segera ditangani.

Untuk membersihkan lemari es dengan benar, sebaiknya lepaskan semua rak dan cuci dengan air panas dan sabun. Lalu bersihkan bagian dalam dinding kulkas dengan campuran cuka putih, soda kue, dan air. Anda harus melakukan ini setidaknya empat kali setahun, tetapi segera bersihkan tumpahan jika terjadi.

3. Membiarkan handuk yang apek




Ilustrasi. Salah satu kebiasaan yang bikin rumah bau adalah membiarkan handuk yang apek. (istockphoto/humonia)

Handuk yang bau apek setelah dipakai dan tidak dibiarkan berhari-hari bisa juga jadi penyebab bau timbul di dalam rumah. Pasalnya, kelembapan yang berlebihan dapat menyebabkan tumbuhnya jamur dan bakteri penyebab bau.

Bersihkan handuk Anda dengan baik menggunakan deterjen berkualitas dan cuka atau soda kue pada siklus panas. Setelah itu keringkan dengan sempurna untuk mencegah bau apek masih tertinggal.

Selain itu, kamar mandi berukuran kecil juga bisa menjadi tempat berkembang biaknya jamur. Jika ada jendela, usahakan tetap terbuka saat Anda tidak mandi, dan jangan lupa menyalakan kipas angin jika ada.

4. Jarang membersihkan debu

Anda mungkin perlu melakukan pembersihan rumah menyeluruh yang melibatkan penyedotan debu. Debu merupakan campuran bakteri, sel kulit mati, serbuk sari, kotoran, dan benda lain di udara yang dapat menghasilkan bau ringan dan tidak sedap.

5. Karpet yang kotor




Ilustrasi Penyedot DebuIlustrasi. Salah satu kebiasaan yang bikin rumah bau adalah malas membersihkan karpet. (stevepb/Pixabay)

Hal ini berlaku terutama jika Anda memiliki hewan peliharaan di rumah. Sebaiknya Anda rutin membersihkan atau menyedot debu yang menempel di karpet.

Jika menyedot debu tidak berhasil, coba taburkan pewangi yang aman untuk karpet, diamkan selama lima belas menit lalu sedot debu. Cuci juga filter penyedot debu Anda secara teratur, karena hal ini dapat memindahkan bau ke seluruh rumah saat Anda menyedot debu.

Saat semua penghuni rumah menumpuk sepatunya di dekat pintu masuk, hal itu menciptakan aroma bau tak sedap. Karena itu, pertimbangkan untuk menyimpannya di keranjang tertutup untuk setidaknya menahan baunya, dan cobalah mencucinya untuk mengetahui akar masalahnya.

7. Tak membersihkan hewan peliharaan




Portrait of young woman holding cute siberian cat with green eyes. Female hugging her cute long hair kitty. Background, copy space, close up. Adorable domestic pet concept.Ilustrasi. Salah satu kebiasaan yang bikin rumah bau adalah tak memandikan anabul. (iStock/Evrymmnt)

Meski menggemaskan, namun tak dimungkiri anak bulu sering kali punya bau yang kurang sedap. Karena itu, agar bau kucing atau anjing peliharaanmu tak menebar bau di rumah, maka rutinlah memandikannya dengan sampo yang cocok.

(pua/pua)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts