7 Cara Merawat Rambut Keriting agar Tak Kering dan Mengembang

Cara merawat rambut keriting berbeda dengan rambut lurus sebab cenderung lebih kering. Simak beberapa caranya berikut ini.

Jakarta, CNN Indonesia

Rambut keriting biasanya diperoleh karena faktor gen dan cenderung memiliki lebih banyak folikel oval pada rambutnya. Cara merawat rambut keriting juga berbeda dengan rambut lurus.

Read More

Pasalnya, rambut keriting cenderung mudah kering dan mengembang. Hal itu membuat jenis rambut ini memerlukan perawatan yang berbeda dari jenis lainnya.

Namun, jangan khawatir, Anda bisa memiliki rambut keriting yang sehat dan berkilau. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan di rumah.

1. Pilih sampo dan kondisioner

Jika kamu memiliki rambut keriting sebaiknya gunakan sampo dan kondisioner yang dirancang khusus untuk jenis rambut ini.

Melansir Healthline, produk tersebut harus mengandung bahan-bahan yang meliputi minyak alami atau esensial seperti minyak kelapa, jojoba, bunga matahari, dan alpukat.

Selain itu, produk tersebut dapat mengandung lidah buaya, keratin, shea butter, protein hewani, panthenol, provitamin, dan juga ekstrak tumbuhan.

2. Keramas air dingin


Ilustrasi. Cara merawat rambut keriting, salah satunya keramas dengan air dingin (iStockphoto/Igor Vershinsky)

Dalam mencuci rambut sebaiknya gunakan air dingin. Alasannya, air panas cenderung menghilangkan kelembapan rambut dan membuat kering.

Air dingin dapat berfungsi untuk mempertahankan kelembapan dan kekuatan rambut.

3. Jangan cuci rambut berlebihan

Keramas setiap hari bukanlah ide yang baik untuk pemilik rambut keriting. Dampaknya, rambut dapat kehilangan minyak alami.

Secara umum, keramas yang baik dilakukan setiap dua hari sekali atau tiga hari sekali. Anda bisa mulai melakukannya dari sekarang.

4. Urai rambut sebelum keramas

Cara merawat rambut keriting yang keempat adalah dengan mengurainya sebelum keramas. Hal itu untuk menghindari rambut kusut.

Melansir In Style, jika kamu memiliki tekstur rambut keriting halus, sisirlah rambut dengan jari untuk mengurai kusut. Untuk kamu yang memiliki tekstur rambut yang lebih kasar dengan pola ikal yang rapat, gunakanlah sisir bergigi lebar untuk mengurai kekusutannya.

5. Mengukus rambut

Steaming hair atau mengukus rambut merupakan salah satu cara yang sering dilakukan ketika seseorang melakukan creambath.

Uap panas dari steaming hair akan membuka kutikula rambut, memberi lebih banyak akses ke lepisan helai rambut dan melembapkannya.

6. Lindungi rambut


ilustrasi rambut keritingIlustrasi. Cara merawat rambut keriting, salah satunya lindungi rambut (Foto: iStockphoto/PeopleImages)

Melindungi rambut tidak hanya dilakukan ketika beraktivitas saja tetapi juga saat tidur. Sebaiknya gunakan penutup kepala berbahan satin ketika tidur untuk menjaganya tetap lembap.

Mungkin kamu juga bisa mengganti sarung bantal dengan bahan satin atau sutera untuk perlindungan ekstra terhadap rambut.

7. Hindari menyentuh rambut

Sebaiknya jauhkan tanganmu dari rambut usai keramas jika ingin bebas kusut dan halus.

Jari dapat menarik kelembapan dan membuat rambut kusut. Jika ingin menyentuhnya, tunggulah hingga rambut benar-benar kering.

Demikian cara merawat rambut keriting yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

(glo/juh)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts