7 Cara Menurunkan Berat Badan di Rumah, Cepat Tanpa Olahraga

Makanan yang berbasis nabati terkenal sehat dan kaya serat. Tidak heran jika diet nabati pun mulai digandrungi orang.

Daftar Isi



Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Cara menurunkan berat badan di rumah dengan cepat bisa dilakukan dengan berbagai cara. Bisa dengan mengurangi asupan karbohidrat, mengkonsumsi banyak protein, lebih banyak tidur, hingga olahraga yang cukup ekstrem.

Mendapatkan berat badan ideal dengan bonus hidup lebih sehat mungkin jadi impian banyak orang. Biasanya orang-orang akan pergi berolahraga ke tempat gym, ikut komunitas pound fit, bersepeda santai dengan teman, hingga keliling kompleks.

Tapi semua kegiatan itu mengharuskan Anda beraktivitas di luar. Lantas apakah ada cara menurunkan berat badan di rumah dengan cepat tanpa olahraga berat, terutama bagi yang mager ke luar rumah?


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tentu saja ada. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

1. Perbanyak makan serat

Serat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Makanya serat bisa berguna bagi yang sedang menurunkan berat badan.

Melansir Healthline, biji-bijian, buah, sayur, dan kacang-kacangan adalah jenis serat yang bisa dikonsumsi untuk membantu menurunkan berat badan. Jadi, saat Anda ingin camilan di rumah, pilihlah camilan sehat yang kaya serat.

2. Makanlah dengan fokus

Banyak orang makan sambil nonton televisi. Mungkin terasa lebih nyaman dan enak, padahal kebiasaan ini tidaklah sehat.

Cobalah makan dengan penuh kesadaran dan perhatian pada setiap makanan yang masuk ke mulut Anda. Selain itu, kunyah dengan perlahan agar makanan bisa dicerna dengan baik.

3. Buat rencana makanan




Ilustrasi. Cara menurunkan berat badan di rumah adalah dengan membuat rencana makan. (iStockphoto/kitzcorner)

Buatlah meal plan untuk tujuh hari selama Anda diam di rumah. Melansir MedicineNet, daftar makanan ini mencakup sarapan, makan siang, dan makan malam.

Membuat jadwal makanan yang akan dikonsumsi selama satu minggu penuh membantu Anda berpegang pada pola makan sehat. Cara ini juga membantu menghindari Anda makan makanan tidak sehat.

4. Buat daftar kebiasaan makanan

Renungkan bagaimana selama ini Anda biasa makan. Buat daftarnya, terutama yang berkontribusi dalam menaikkan berat badan.

Buatlah buku harian makan untuk mencatat makanan yang Anda makan sepanjang hari. Cara ini dapat membantu Anda mengidentifikasi makanan atau kebiasaan yang menyebabkan penambahan berat badan.

5. Hindari manis




Ilustrasi diet sodaIlustrasi. Salah satu cara menurunkan berat badan di rumah adalah menghindari manis. (iStockphoto/Nednapa)

Hindari makanan dan minuman manis. Mulai dari permen, kue, yogurt, soda, kopi manis, teh manis dan semua jenis minuman manis.

Minuman dan makanan manis kandungan gulanya cukup tinggi. Semua ini bisa menyebabkan proses pembakaran lemak di tubuh menurun. Efeknya, makin banyak lemak yang menumpuk di tubuh Anda.

6. Banyak minum air putih

Minum air bisa membuat Anda makan lebih sedikit kalori tanpa tambahan gula dibandingkan dengan minuman manis.

7. Tingkatkan kualitas tidur

Tidur kurang dari 5 jam per malam dapat menyebabkan penambahan berat badan sekitar 32 pon. Begitu pula dengan tidur lebih dari 8 jam juga memiliki efek yang sama.

Orang dengan gangguan tidur kemungkinan besar akan mengalami penambahan berat badan. Oleh karena itu, tidur selama 6-8 jam sepertinya cukup untuk menurunkan berat badan.

Itulah 7 cara yang bisa Anda lakukan di rumah untuk menurunkan berat badan. Semua bisa dilakukan tanpa olahraga.

(tst/pua)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts