7 Cara Menghilangkan Bekas Luka Tahunan yang Hitam

Di luar sana, masih banyak berbagai mitos tentang kulit sensitif. Salah satunya soal jerawat yang jadi penanda kulit sensitif. Benarkah demikian?
Jakarta, CNN Indonesia

Cara menghilangkan bekas luka tahunan memang tak semudah mengobati bekas luka baru yang berwarna kemerahan.

Read More

Bekas luka tahunan umumnya sudah menghitam. Kondisi ini dipengaruhi oleh tingkat keparahan cedera sehingga kerusakan kulitnya cukup serius.

Misalnya luka bekas cacar air, terjatuh karena kecelakaan, tergores, lecet, teriris benda tajam, atau akibat iritasi.

Meski tidak selalu berbahaya, bekas luka membandel bisa membuat penderitanya kurang percaya diri karena tampilan kulit jadi tidak mulus.

Tipe-Tipe Bekas Luka

Bekas luka di kulit mempunyai banyak tipe, sehingga pengobatannya akan berbeda satu sama lain.

1. Luka bergaris

Bekas luka jadi bergaris atau fine-line scars disebabkan oleh luka kecil. Seperti bekas operasi, atau menggaruk dan akan memudar seiring waktu, sekitar dua tahun.

2. Keloid

Keloid biasanya tumbuh lebih besar dari bekas luka itu sendiri. Warnanya gelap, ada yang menyerupai benjolan dan bisa terasa gatal atau nyeri.

3. Bekas luka yang meluas

Widespread scars adalah bekas luka yang meluas. Kondisi ini terjadi ketika bekas luka disebabkan oleh sayatan bedah, yang kemudian meregang semakin besar.

4. Luka atrofi

Bekas luka atrofi muncul seperti lubang di kulit. Keadaan luka berikut terjadi karena kerusakan kolagen kulit akibat cacar air atau jerawat.

5. Luka kontaktur

Bekas luka kontaktur menyebabkan kulit menjadi kencang dan tipis. Bekas luka seperti ini bisa karena luka bakar dan dapat terasa menyakitkan.

6. Luka hipertrofik

Hypertrophic scars bisa dikatakan seperti bekas luka yang menyerupai keloid. Bentuknya akan terlihat berbeda di kulit, bahkan terasa gatal apabila belum sembuh.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Tahunan

Melansir dari Healthline, di bawah ini terdapat cara menghilangkan bekas luka tahunan dengan metode alami hingga tindakan medis yang bisa dicoba.

1. Sabun atau scrub kopi


Ilustrasi. Cara menghilangkan bekas luka tahunan, salah satunya dengan scrub kopi (Foto: iStockphoto/Luis Echeverri Urrea)

Sabun atau scrub berbahan dasar kopi bisa membantu menghilangkan bekas luka membandel. Kafein dari kopi bermanfaat mengangkat sel kulit mati yang ada di bekas luka.

Anda dapat menggunakan sabun kopi setiap mandi, sedangkan untuk scrub dipakai seminggau dua kali untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Losion vitamin E

Losion badan, pelembap, atau suplemen vitamin E dipercaya efektif untuk menyembuhkan bekas luka.

Meski tidak menghilangkan bekasnya sekaligus, setidaknya luka menghitam tersebut dapat memudar dan terlihat sama dengan warna kulit asli.

3. Krim OTC

Krim Over The Counter (OTC) merupakan produk perawatan kulit yang umumnya dijual bebas, dan tidak perlu resep dokter.

Krim OTC memiliki formula yang mengandung bahan alternatif lain, dan bertujuan mengurangi ukuran serta bekas luka kemerahan atau gatal.

4. Chemical peel

Cara menghilangkan bekas luka tahunan bisa dengan metode chemical peeling, yaitu proses pengelupasan kulit mati, menggunakan cairan kimia khusus berbahan aktif.

Chemical peeling dapat mempercepat regenerasi kulit. Perawatan ini umumnya tersedia di klinik kecantikan kulit khusus, karena harus dalam pengawasan dokter.

5. Steroid

Suntikan kortikosteroid dinilai efektif untuk mengobati jenis bekas luka tertentu, seperti bekas luka tebal hipertrofik atau keloid.

Nantinya cairan dalam suntikan tersebut langsung disalurkan ke area luka untuk mengurangi rasa nyeri dan gatal. Supaya hasilnya maksimal, suntikan ini harus dilakukan berkala.

6. Terapi laser


This photo taken on November 11, 2021 shows Kayla Zhang, a finance worker, receiving laser facial treatment at a beauty clinic in Shanghai. - Already popular in the West because they are less invasive and more affordable than traditional cosmetic surgery, micro-procedures -- from laser facials and fillers to thread lifts -- are fast becoming the norm in China's cities where disposable incomes have jumped in the past decade. (Photo by LAN Lianchao / AFP) / TO GO WITH AFP STORY cosmetics-China-lifestyle,FEATURE by Vivian LINIlustrasi. Cara menghilangkan bekas luka tahunan, salah satunya dengan terapi laser (Foto: AFP/LAN LIANCHAO)

Alternatif lain supaya bekas luka tahunan menghilang yaitu dengan terapi laser. Jenis terapi laser ini menargetkan ke pembuluh darah untuk mengurangi tampilan bekas luka.

Meski tidak menghilangkan bekas luka sepenuhnya, laser ini berfungsi mengurangi kemerahan. Terapi laser hanya bisa dilakukan oleh dokter kulit atau ahli estetika.

7. Microneedling

Cara menghilangkan bekas luka tahunan berikutnya menggunakan perawatan microneedling, yang menggunakan jarum-jarum halus untuk merangsang produksi kolagen.

Microneedling dapat membantu merestrukturisasi kulit dan mengurangi munculnya bekas luka. Perawatan ini tersedia di klinik estetika atau dermatologi.

Itulah cara menghilangkan bekas luka tahunan. Semoga dapat membantu. 

(avd/juh)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts