7 Cara Gampang Mengusir Kelabang dari Rumah

Dalam kondisi tertentu, kelabang bisa ditemukan di dalam rumah. Ada beberapa cara mengusir kelabang dari rumah yang bisa diikuti.
Jakarta, CNN Indonesia

Dalam kondisi tertentu, kelabang bisa ditemukan di dalam rumah. Ada beberapa cara mengusir kelabang dari rumah yang bisa diikuti.

Read More

Kelabang merupakan jenis hewan artropoda atau tanpa tulang belakang. Memiliki banyak kaki, hewan ini bisa bergerak dengan cepat.

Hewan ini juga masuk ke dalam kelompok predator yang memangsa cacing dan serangga.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Meski jarang terjadi, kelabang juga bisa menyuntikkan racunnya ke manusia. Hal ini bisa terjadi jika Anda mencoba mengusir kelabang dengan cara yang kasar.

Rasa sakit gigitan kelabang umumnya setara dengan sengatan lebah. Sengatan juga bisa menyebabkan reaksi alergi yang parah pada beberapa individu, namun tidak berakibat fatal.

Sama seperti hewan-hewan lain yang kerap ditemukan di rumah lainnya, kelabang menyukai suhu hangat dan lembap. Kamar mandi dan area dapur bisa jadi salah satu tempat favorit kelabang.

Cara mengusir kelabang

Meski tak terlalu berbahaya, tapi tetap saja kehadiran kelabang di rumah akan dirasa mengganggu. Berikut beberapa cara mengusir kelabang dari rumah yang bisa dicoba, merangkum berbagai sumber.

1. Tutup retakan

Dinding yang retak atau bolong bisa jadi pintu bagi kelabang untuk masuk ke dalam rumah. Untuk itu, Anda perlu menutupnya.

Periksa dinding serta bukaan di sekitar pintu dan jendela. Tutup atau tambahkan dempul untuk mencegah masuknya serangga dan hama lainnya.

2. Semprotkan cuka




Ilustrasi. Semprotkan cuka, salah satu cara mengusir kelabang dari rumah. (iStockphoto/new look casting)

Mengutip Forbes Home, cuka putih sering digunakan untuk banyak keperluan rumah tangga dan tidak beracun. Semprotkan cuka pada kelabang untuk membuatnya lari.

3. Semprotkan minyak peppermint

Peppermint tampaknya selalu ampuh untuk mengusir banyak hewan yang ada di rumah.

Campurkan minyak peppermint dengan sedikit air dan masukkan ke dalam botol. Semprotkan cairan ke area atau tempat kelabang ditemukan. Minyak peppermint bisa beracun bagi kelabang.

4. Bersihkan saluran air

Mengutip The Spruce, tak jarang kelabang akan ditemukan di dekat saluran air, baik di kamar mandi ataupun dapur.

Coba tuangkan sedikit cuka atau cairan pemutih ke saluran air untuk mencegah kelabang keluar dari pipa dan masuk ke area rumah.

Gunakan sebanyak 350 mililiter cuka, masukkan ke dalam saluran air. Sementara untuk pemutih, gunakan campuran air dan pemutih dengan perbandingan 50:50.

5. Taburkan garam

Selain untuk memasak, garam adalah cara alami yang ampuh mengusir kelabang. Mengutip berbagai sumber, taburkan sedikit garam di sekitar area lembap, retakan dinding, atau tempat ditemukannya kelabang.

6. Pakai daun pandan

Aroma daun pandang mungkin menggoda buat manusia, tapi tidak bagi kelabang. Aroma daun pandan bisa bikin kelabang lari menjauh.

Iris beberapa lembar daun pandan dan masukkan ke dalam wadah bersih. Tempatkan wadah berisi daun pandan di area lembap atau tempat ditemukannya kelabang.

7. Pakai kapur barus

Cara mengusir kelabang yang terakhir adalah dengan menggunakan kapur barus. Kapur barus menghasilkan gas naftalena yang beracun bagi kelabang.

Tempatkan kapur barus di area lembap atau tempat ditemukannya kelabang.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts