7 Cara Alami Menghilangkan Selulit, Coba Konsumsi Makanan Pedas

Ada beberapa cara alami menghilangkan selulit yang bisa bersifat permanen. Salah satunya adalah mengonsumsi makanan pedas.
Jakarta, CNN Indonesia

Selulit kerap muncul di beberapa bagian tubuh. Bisa di perut, paha, bokong, pangkal lengan atau bahkan kaki Anda.

Read More

Bentuk selulit biasanya bergelombang dan tidak rata. Kehadiran selulit membuat tampilan kulit di beberapa bagian tubuh terkesan tidak terawat.

Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara menghilangkan selulit secara alami dan permanen.

Apa itu selulit?

Selulit adalah kondisi yang sangat umum dan normal terjadi pada seseorang. Sebagaimana menukil laman Insider, selulit bisa muncul saat lemak subkutan–jenis lemak yang terletak tepat di bawah kulit–tampak bergelombang, berkerut, atau berlesung.

Bisa dibilang, bentuk selulit mirip dengan kulit yang berkerut.

Selulit tak berbahaya. Biasanya kondisi ini muncul saat seseorang mengalami kelebihan lemak.

Walau demikian, sebagaimana dikutip Healthline, penyebab pasti selulit masih belum diketahui. Tapi, ada beberapa faktor yang diduga berperan dalam pembentukan selulit di tubuh. Berikut di antaranya:

– usia,
– persentase lemak tubuh,
– ketebalan kulit,
– gen,
– nutrisi,
– kehamilan.

Cara menghilangkan selulit


Ilustrasi. Olahraga, salah satu cara alami mengatasi selulit. (iStockphoto/eternalcreative)

Selulit banyak dialami wanita. Terutama, mereka yang telah melewati masa pubertas.

Munculnya selulit di beberapa bagian tubuh tentu membuat kepercayaan diri menurun. Berbagai krim hingga tindakan medis disebut bisa menghilangkan selulit.

Tapi sebenarnya, ada cara alami, aman, dan lebih murah dalam menghilangkan selulit.

Beberapa cara itu yakni sebagai berikut.

1. Olahraga dan diet sehat

Olahraga dan menjalani diet sehat bisa menghilangkan selulit di tubuh. Anda bisa melakukan 20 menit aerobik dan latihan kekuatan 2-3 kali dalam seminggu.

Ketika Anda menjalani diet dan olahraga sehat, otot akan bertambah, sementara lemak akan berkurang. Kondisi ini, sebagaimana dikutip dari Shape, bisa menghilangkan selulit.

2. Cuka sari apel

Cuka sari apel mengandung probiotik dan asam amino alami. Zat ini bisa membantu tubuh menciptakan simpanan alami HCL (asam perut yang baik), yang baik untuk pencernaan dan detoksifikasi. Detoksifikasi penting karena racun juga berperan dalam membuat selulit bisa dipecah.

3. Rumput laut

Rumput laut ternyata menjadi bahan detoks yang kuat. Rumput laut dapat membantu memerangi selulit. Rumput laut juga kaya yodium, yang bagus untuk tiroid dan kesehatan hormon.

Beberapa bukti memperlihatkan bahwa hormon dapat berperan dalam produksi selulit. Dengan demikian, menjaga kesehatan tiroid bisa dilakukan untuk mencegah atau mengusir selulit.

4. Kafein

Beberapa ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa kafein dapat memiliki efek kecil pada selulit ketika dioleskan. Walau begitu, hasilnya hanya bersifat sementara.

5. Cabai rawit


Ilustrasi Biji CabaiIlustrasi. Makanan pedas, salah satu cara alami menghilangkan selulit. (uroburos/Pixabay)

Rasa pedas di rawit bisa memanaskan suhu di tubuh dan bagus untuk meningkatkan metabolisme serta pencernaan. Hal ini bisa mengatasi selulit di tubuh, meski belum didukung oleh ilmu pengetahuan.

6. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah makanan super lain yang diduga memiliki kekuatan menghilangkan selulit. Mencampur minyak kelapa dengan minyak esensial juniper dan memijatnya ke kulit bisa memperbaiki tampilan selulit.

7. Air

Dari semua pengobatan rumahan untuk menghilangkan selulit, yang satu ini mungkin yang paling mudah. Cukup minum lebih banyak air.

Air membantu meningkatkan sirkulasi dan mengurangi peradangan. Keduanya dapat membantu mencegah munculnya selulit. Minum setidaknya delapan gelas sehari demi mencegah munculnya selulit.

(tst/asr)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts