6 Sifat yang Harus Dimiliki Orang Tua agar Bisa Mendidik Anak dengan Baik

Menjadi orang tua baik ayah maupun ibu memang bukan hal yang sepele. Jika mengerti ilmunya, maka menjadi orang tua dan mendidik anak bisa terasa mudah dan menyenangkan. Namun jika tidak, maka mendidik anak bisa terasa berat dan sulit.

Read More

Selain itu mendidik anak juga membutuhkan kesabaran. Karena terkadang kita harus menghadapi tingkah anak yang bisa membuat kita emosi namun kita tidak boleh meluapkan emosi kita begitu saja. Oleh karena itu, tidak semua orang bisa menjadi orang tua yang baik dalam mendidik anak. Ada beberapa sifat yang harus dimiliki oleh orang tua. Berikut enam sifat yang harus dimiliki oleh orang tua.

1. Memahami DiriĀ 

Menjadi orang tua harus bisa memahami diri, tidak hanya diri sang anak namun juga diri sendiri. Mulai dari mengenal kelebihan dan kekurangan diri sendiri, hingga menyadari ilmu-ilmu yang dipahami serta yang belum dipahami. Dengan begitu kita akan bisa bersikap dengan bijaksana ketika menjadi orang tua bagi anak.

2. Pendengar yang Baik

Anak akan senang bercerita, baik bercerita mengenai pengalamannya maupun cerita khayalannya. Tentu saja anak akan merasa senang jika ceritanya didengar dengan baik. Salah satu tempat tujuan anak bercerita adalah ibunya sendiri. Maka orang hendaknya bisa menjadi pendengar yang baik.

Pendengar yang baik harus bisa menyimak dengan sungguh-sungguh apa yang ssedang diceritakan oleh anak. Lalu ayah maupun ibu juga jangan langsung mudah menghakimi atau menyalahkan sang anak dari cerita yang disampaikan.

3. Mental yang Kuat

Menjadi orang tua tidaklah mudah. Ada berbagai masalah, risiko, dan tantangan yang dihadapi. Misalnya keinginan diri sendiri harus dikesampingkan demi kepentingan anak, Anak yang tidak mau menurut, disalahkan sana-sini, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, menjadi ibu atau ayah yang baik harus memiliki mental yang kuat. Karena jika mentalnya lemah, maka bisa mrnjadi stress karena menghadapi tantangan mendidik anak.

4. Tidak Egois

Menjadi ibu atau ayah harus mau dan bisa melawan ego sendiri. Ketika ada keinginan yang berbenturan dengan kepentingan anak, maka harus mengutamakan kepentingan anak dibanding keinginan diri sendiri. Begitu juga mengenai kebutuhan, seringkali kebutuhan orang tua harus dikesampingkan demi memenuhi kebutuhan si buah hati yang biasanya jauh lebih banyak.

5. Mau Mengakui Kesalahan

Orang tua memang memiliki pengalaman, pengetahuan, dan kekuasaan yang lebih dari anak. Meski begitu, tidak mesti orang tua selalu benar. Ada kalanya orang tua salah menilai, berkata, atau mengambil keputusan. Oleh sebab itu orang tua jangan sungkan untuk mengakui kesalahannya di hadapan sang anak. Hal ini agar anak melihat orang tuanya sebagai orang yang bertanggung jawab.

6. Sabar

Dari berbagai tantangan yang dihadapi oleh ibu, dibutuhkan kesabaran yang tinggi. Ayah dan ibu harus bisa bersabar ketika menghadapi berbagai tingkah laku anak. Jangan mudah terpancing emosi karena nantinya bisa menyesal sendiri.

Demikian 6 sifat yang harus dimiliki agar bisa menjadi orang tua yang baik. Sudah siap?

Video yang Mungkin Anda Suka.



Sumber: yoursay.suara.com

Related posts