6 Manfaat Daun Ginseng untuk Kesehatan, Bantu Lawan Penyakit

Tidak hanya akarnya, ternyata daun ginseng juga memiliki manfaat kesehatan. Berikut sejumlah manfaat daun ginseng yang berguna untuk melawan penyakit.

Read More
Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Ginseng dipercaya oleh banyak orang memiliki manfaat untuk tubuh. Tidak hanya akarnya, ternyata ada manfaat daun ginseng yang berguna untuk kesehatan.

Tanaman ginseng memiliki daun yang tidak begitu lebar. Daunnya berwarna hijau dan kerap dimanfaatkan untuk pengobatan beberapa penyakit.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dilansir dari laman Herba Zest, untuk menanam dan memanen daun ginseng membutuhkan kesabaran karena proses pematangan tanaman tersebut yang bisa memakan waktu hingga enam tahun.

Waktu terbaik untuk memanen daun ginseng yakni ketika sudah tua berwarna hijau gelap. Daun ginseng akan menguning setelah melewati masa panen.

Biasanya daun ginseng diekstraksi atau dijadikan minuman teh untuk mendapatkan manfaatnya. Sejumlah penelitian pun dilakukan untuk membuktikan manfaat daun tersebut.

Berikut manfaat daun ginseng untuk kesehatan.

1. Mengatasi diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 atau diabetes melitus merupakan penyakit jangka panjang yang menyerang ketika tubuh tidak dapat menggunakan insulin secara efektif. Biasanya penyakit ini menyebabkan kadar gula darah menjadi terlalu tinggi.

Penelitian yang diterbitkan dalam Pharmacological Research pada 2004 menemukan bahwa daun ginseng bersifat hipoglikemik. Kandungan tersebut dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

2. Meningkatkan kesehatan sistem saraf

Penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Chinese Medicine tahun 2009 menemukan daun ginseng disebut mengandung senyawa-senyawa yang dapat melancarkan peredaran darah pada sistem saraf pusat atau sirkulasi darah pada saraf tepi.

3. Melindungi kulit

Daun ginseng disebut dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet. Hal itu berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Biotechnology and Applied Biochemistry tahun 2014.

Selain itu, daun ginseng juga berguna untuk menyamarkan flek hitam. Manfaat lainnya juga untuk mencegah kerutan di wajah yang menjadi tanda penuaan.

4. Mengatasi rasa lelah

Manfaat dari ekstrak daun ginseng dapat dirasakan untuk mengatasi rasa lelah berkat kandungan ginsenosides yang yang dapat memberi efek menenangkan dan membantu tubuh mengurangi stres.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Berdasarkan jurnal yang diterbitkan National Library of Medicine, kandungan ginsenosides yang ada pada batang daun ginseng dapat meningkatkan kekebalan tubuh, antioksidan, dan mengatur metabolisme lipid.

Namun konsumsi daun ginseng harus disertai dengan latihan aerobik untuk mendapatkan hasil maksimal.

Pemberian ginsenosides oral yang diekstraksi dari batang daun ginseng secara signifikan menghambat peningkatan total lipid, kolesterol dan trigliserida. Hal itu diketahui setelah dilakukan percobaan terhadap kelinci.

6. Membantu pengobatan kanker

Daun ginseng disebut berkhasiat untuk membantu risiko penyakit kanker. Ini karena beberapa penelitian melaporkan bahwa daun ginseng memiliki sifat anti-oksidatif, anti-inflamasi, dan antikanker yang mirip dengan akar ginseng.

Sebuah penelitian di Tiongkok pada 2021 menemukan potensi daun ginseng yang bermanfaat untuk pengobatan kanker paru.

Demikian manfaat daun ginseng untuk kesehatan tubuh. Meski begitu, sejumlah manfaat di atas masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Demi keamanan dan hasil yang efektif, lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi daun ginseng sebagai obat.

(glo/fef)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts