6 Kebiasaan yang Bikin Kulit Gampang Iritasi, Menumpuk Kerjaan

Kondisi kulit sensitif muncul akibat reaksi berlebih terhadap berbagai faktor. Berikut beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa memicu kulit sensitif.
Jakarta, CNN Indonesia

Kondisi kulit sensitif kerap dimiliki banyak orang akibat reaksi berlebihan terhadap berbagai faktor. Cuaca maupun produk perawatan kulit yang tidak cocok dapat memengaruhi kulit menjadi sensitif.

Read More

Biasanya, orang dengan kulit sensitif cenderung mengeluhkan ruam, gatal, kulit kering, hingga rasa perih pada permukaan kulit.

Dokter spesialis kulit Margaretha Indah Maharani menjelaskan bahwa kulit bisa menjadi sensitif dan meradang karena adanya faktor perlindungan kulit yang tidak maksimal.

Faktor pertama adalah akibat bawaan atau genetik yang membuat individu tersebut memiliki tipe kulit sensitif. Faktor kedua adalah gaya hidup.

Bicara faktor gaya hidup, maka kita akan bicara banyak hal. Berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan kulit sensitif.

1. Stres kerja

Siapa sangka jika tingkat stres yang tinggi bisa berpengaruh terhadap kesehatan kulit?

“Banyak yang mengalami kondisi burnout dalam kerjaan, banyak deadline, kerjaan numpuk, itu secara enggak langsung akan memengaruhi imunitas kita, kualitas tubuh kita, sel-sel tubuh yang terlihat pada kulit,” ucap Rani dalam acara konferensi pers di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Kondisi stres, lanjut Rani, akan memengaruhi kesehatan kulit. Salah satunya adalah tanda kulit yang mudah mengalami peradangan atau breakout.

Dalam kondisi tidak optimal seperti itu, jerawat dan kemerahan akan muncul yang menandakan adanya peradangan pada kulit.

2. Faktor lingkungan


Ilustrasi. Paparan sinar matahari juga bisa memicu kulit sensitif. (Skitterphoto)

Selain stres, ada juga beberapa faktor lain yang bisa memengaruhi kulit sensitif. Sebut saja paparan sinar matahari, polusi udara, dan lainnya.

“Semuanya bisa bikin kulit menjadi sensitif,” ujar Rani menambahkan.

3. Penggunaan kosmetik dan skincare yang salah

Selain itu, Rani melanjutkan, penggunaan kosmetik yang salah juga bisa memicu kulit sensitif. Misalnya saja penggunaan kosmetik atau skincare yang mengandung alkohol atau pewangi.

Tak cuma itu, kosmetik yang sifatnya eksfoliatif berlebih juga dapat membuat kulit sensitif.

4. Kurang minum

Tak cuma untuk kesehatan fisik, asupan air juga penting untuk kesehatan kulit. Rani mengatakan, kulit yang mengalami dehidrasi bisa berujung pada kulit sensitif.

“Maka dari itu, kita harus rajin minum air agar kondisi kulit menjadi optimal,” ujar Rani.

5. Sering terpapar AC

Paparan AC berlebih bisa membuat kulit jadi sensitif dan rentang mengalami peradangan.

6. Kurang tidur

Kurang tidur memang punya peran penting dalam kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan kulit.

“Kurang tidur dapat membuat kulit tidak sehat dan otomatis membuatnya jadi lebih sensitif,” ujar Rani.

Untuk itu, Anda disarankan untuk tidur cukup setiap malam. Orang dewasa disarankan untuk tidur selama 7-9 jam setiap malamnya.

(del/asr)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts