6 Cara Membuka Kunci Ponsel Android Tanpa Password

Suara.com – Pengguna HP Android dapat membuka layar kunci ponsel tanpa password atau kata sandi. Metode ini berlaku untuk semua ponsel dan tablet Android, apa pun produsennya.

Berikut ini beberapa cara yang bisa pengguna lakukan untuk membuka kunci HP Android tanpa password:

Read More

1. Buka kunci ponsel menggunakan deteksi wajah

Jika pengguna menyiapkan pengenalan wajah Android, pengguna apat membuka kunci perangkat dengan kamera ponsel. Tentu saja, trik ini hanya berfungsi jika pengguna sudah mengaktifkan fitur face recognition.

Semua ponsel yang menjalankan Android 10 atau versi lebih baru mendukung fitur Face Unlock. Sedangkan Android lama menggunakan fitur yang disebut Smart Lock dan Trusted Face.

2. Lakukan factory reset

Saat pengguna menyetel ulang ponsel Android ke setelan pabrik, penguna akan menghapus semua data pribadi, termasuk kata sandi. Perangkat akan dikembalikan ke kondisi aslinya, sehingga penting bagi pengguna untuk mencadangkan data apa pun sebelum melakukan cara ini.

Untungnya, banyak aplikasi yang secara otomatis mencadangkan data ke cloud, seperti Google Photos. Setelah pengguna masuk ke akun Google, pengguna apat mengunduh ulang semua aplikasi lama.

3. Gunakan Google Find My Device

Jika HP Android pengguna hilang, pengguna dapat menggunakan Google Find My Device untuk mencari dan menyetel ulang perangkat tersebut dari jarak jauh.

Pengguna juga dapat menyalakan suara dari jarak jauh dan menambahkan pesan berisi nomor telepon ke layar kunci jika seseorang menemukan perangkat tersebut. Pengguna akan menggunakan kredensial akun Google, sehingga pengguna tidak memerlukan kata sandi perangkat.

Namun, fitur ini harus diaktifkan terlebih dahulu dan pengguna memerlukan akses ke komputer atau perangkat seluler lainnya.

Ilustrasi password di smartphone. [Shutterstock]

4. Gunakan Samsung Find My Mobile

Jika pengguna memiliki Samsung, gunakan Samsung Find My Mobile untuk melacak perangkat dan membuka kuncinya tanpa kata sandi.

Manfaat terbesar fitur ini dibandingkan miik Gogle adalah Samsung tidak mengharuskan pengguna menyetel ulang perangkat, sehingga jika pengguna memiliki ponsel dan perangkat lain, pengguna dapat melewati kata sandi tanpa kehilangan data apa pun.

5. Gunakan opsi Forgot Password

Jika pengguna memiliki perangkat lama yang menjalankan Android 4.4 atau lebih lama, coba masukkan kata sandi yang salah sebanyak lima kali. Jika ponsel mendukung fitur tersebut, ketuk opsi Forgot Password? / Lupa Kata Sandi? untuk mengatur ulang kata sandi dengan informasi akun Google.

Sayangnya, Google menghentikan fitur ini karena masalah keamanan, sehingga fitur ini tidak akan berfungsi pada perangkat yang lebih baru.

6. Gunakan Emergency Call Android

Jika pengguna mengalami keadaan darurat dan memerlukan akses cepat ke ponsel, pengguna dapat melewati layar kunci dengan Emergency Call.

Fitur ini hanya berfungsi untuk layanan darurat lokal, jadi pengguna tidak dapat menghubungi nomor lain atau mengakses apa pun di ponsel.

Itulah cara-cara yang bisa pengguna lakukan untuk membuka layar kunci ponsel tanpa password.

Sumber: www.suara.com

Related posts