6 Cara Berhenti Khawatir karena Pendapat Orang Lain

Orang lain mungkin bebas berpendapat tentang dirimu dan kamu juga harus bisa menerima itu. Walaupun telah mencobanya, sebagian orang masih saja khawatir dan memiliki pikiran yang berlebihan tentang pendapat itu. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui cara-caranya terlebih dahulu.

Read More

Merangkum Inc, berikut adalah enam cara agar bisa behenti khawatir dengan pendapat orang lain.

1. Fokus dengan Hal Penting

Kamu tidak perlu memikirkan hal yang sebenarnya tidak perlu dipikirkan. Ketika kamu konsentrasi pada hal yang penting, pikiran yang lain juga akan hilang, seperti pendapat orang lain tentangmu. Kamu butuh konsentrasi yang cukup untuk fokus. Cobalah lakukan secara perlahan, jangan terburu-buru melakukannya.

2. Pertahankan Persfektif

Pendapat orang lain bisa berpengaruh karena kurangnya keyakinan pada perilaku diri kamu sendiri. Setiap orang pastinya punya pendapat masing-masing dan memiliki perspektif yang berbeda. Untuk menghindari kekhawatiran dari pendapat orang lain, kamu bisa mempertahankan perspektif yang kamu miliki agar tidak terganggu oleh orang lain.

3. Mengetahui yang Terbaik

Kamu adalah orang yang menjalani hidupmu sendiri, bukan orang lain. Mereka boleh memberikan pendapat ataupun saran pada kamu, tetapi hanya kamulah yang mengetahui yang terbaik untuk dirimu sendiri. Oleh karena itu, kamu perlu belajar tentang dirimu sendiri melalui kesalahan dan kegagalan yang pernah dialami.

4. Berhenti Berpikir Berlebihan 

Berpikir secara berlebihan tentu saja adalah hal yang perlu dihindari karena selain bisa memperburuk kesehatan tubuh, kamu juga bisa menghakimi dirimu sendiri. Dengan pendapat orang lain yang didengar, kamu akan memikat asumsi yang sebenarnya salah untuk dipahami. Maka cobalah untuk berpikir lebih positif dibandingkan berpikir secara berlebihan.

5. Percaya Diri

Untuk tidak memikirkan dan merasa khawatir tentang pendapat orang lain, kamu bisa berlatih untuk lebih percaya diri dalam berhadapan dengan orang lain dan melakukan sesuatu yang ingin kamu lakukan. Jangan takut dalam mencoba hal baru karena pendapat orang lain. Itu hanya akan membuat dirimu tidak memiliki perkembangan ataupun kemajuan.

6. Temukan Panutan

Untuk menjadi sosok yang lebih percaya diri dan tidak mengamati rekan pendapat orang lain, kamu bisa menemukan panutan diri yang bisa membuat kamu lebih menjadi sosok yang berkembang. Dengan adanya panutan kamu bisa merasa diarahkan ke jalan yang benar dan panduan tersebut bisa membantu kamu membayangkan masa depan yang sebenarnya. 

Itulah enam cara untuk berhenti khawatir dengan pendapat orang lain. Semoga informasi di atas biaa membantumu untuk lebih percaya diri.

Video yang mungkin Kamu lewatkan.



Sumber: yoursay.suara.com

Related posts