5 Sifat yang Harus Dihilangkan dalam Pergaulan, Otw Disukai Banyak Orang!

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, tanpa berinteraksi dengan orang lainnya. Tanpa disadari saling membutuhkan satu sama lain. Seperti penjual butuh pembeli, begitu pun sebaliknya. 

Read More

Dalam pergaulan kita akan menemukan orang dengan watak berbeda-beda. Semua itu dipengaruhi oleh faktor lingkungan keluarga, lingkungan dimana ia tinggal, lingkungan pertemanan mereka, pengalaman masa kecil entah baik maupun buruk sehingga berpengaruh pada cara pandang serta pola pikir ketika semakin beranjak dewasa. Oleh karena itu, berhati-hatilah dengan kelima sifat berikut agar tidak dibenci banyak orang. 

1. Keras Kepala 

Menghadapi orang keras kepala sungguh melelahkan. Apabila keras kepala dalam perkara yang benar, tentu harus, tapi kalau sudah salah tapi tetap ngeyel benar-benar menjengkelkan. Dinasihati tidak mempan, merasa paling benar, giliran terkena masalah akibat ulahnya sendiri malah mencari kambing hitam saking gengsinya tidak ingin disalahkan. 

Sikap keras kepala yang sudah sangat parah membuat orang-orang sekitar menjadi malas untuk mendekat. Sifat tersebut bisa hilang asalkan diniatkan dengan sungguh-sungguh ingin berubah bukan setengah-setengah. 

2. Sok Tahu

Dalam segi apapun yang namanya sok tahu tidak akan membuat kita dihormati orang lain. Lebih baik diam daripada berbicara tentang sesuatu yang tidak kita ketahui secara jelas duduk perkaranya.

Bersikap sok merasa paling tahu juga membuat kita terlihat bodoh saat apa yang kita ucapkan ternyata keliru. Sekalipun benar kalimat yang keluar pun akan terkesan menggurui. Belum tentu apa yang kita sampaikan maksud dan tujuannya diterima. Maka dari itu, jagalah sikap dalam bergaul dengan banyak orang yang memiliki sifat bermacam-macam. Berhenti merasa sok tahu hanya agar dianggap pintar.

3. Semaunya Sendiri 

Seseorang yang kekanak-kanakan, suka memerintah kawan dekatnya, menindas padahal sudah bukan anak kecil lagi ternyata ada loh. Sikap semaunya sendiri ini jika dipelihara akan membuat sahabat dekat yang awalnya menurut bisa memendam amarah dan berakhir menjauh. Kalau tidak segera berubah bisa-bisa kehilangan teman satu persatu. Biasanya mereka yang lekat dengan sikap ini terbiasa dimanja oleh orang tuanya atau bisa juga karena kurang perhatian di rumah.

4. Mementingkan Diri Sendiri 

Rasa egois yang tinggi kerap merugikan orang-orang sekitar. Tidak peduli perbuatannya berdampak buruk pada orang lain yang penting dirinya beruntung, aman, nyaman, tentram, kepentingannya tercapai tanpa peduli kepentingan banyak orang. Percayalah tidak akan ada tempat bagi orang egois yang selalu membenarkan perilaku buruknya. Jika ada yang takut kepadanya berarti bukan karena rasa segan melainkan kebencian yang tinggal menunggu waktu akan meledak bagai bom. Sampai akhirnya mereka kehilangan orang-orang yang selama ini mendukungnya.

5. Suka Menyindir 

Mereka yang hobi menyindir sebenarnya tidak mengerti cara menyampaikan keluh kesah perihal suatu persoalan tanpa harus menyakiti. Ingat selalu jika ingin memberi nasehat kepada orang lain siapapun dia jangan pernah melakukannya di depan umum sebab hal tersebut dapat melukai harga diri mereka. Katakanlah dikala berdua, bertatap muka saling bicara empat mata. Daripada menyindir, nyinyir dan julid baiknya katakan saja langsung dengan kalimat santun yang dapat diterima dengan baik. 

Hanya karena masalah sepele lalu suka menyindir terang-terangan atau lewat status sosial media bikin pembaca ikut terkena aura negatif. Ujung-ujungnya bukan rasa simpati yang didapat malah justru dianggap aneh.  

Sekian lima sifat yang perlu dimusnahkan agar kita tidak dibenci dalam pergaulan sehingga orang-orang nyaman bersama kita. Hindari sifat-sifat buruk tersebut dengan selalu melatih diri agar watak negatif tidak terpelihara dalam diri kita. Niatkan untuk berubah meski perlu banyak waktu suatu saat pasti hilang juga.



Sumber: yoursay.suara.com

Related posts