5 Rekomendasi Sarapan untuk Penderita Batu Ginjal

Sarapan pagi penting untuk tidak dilewatkan oleh siapapun, termasuk penderita batu ginjal. Adakah rekomendasi sarapan yang ramah untuk penderita ginjal?
Jakarta, CNN Indonesia

Sarapan pagi penting untuk tidak dilewatkan oleh siapapun, termasuk penderita batu ginjal. Lantas, adakah rekomendasi sarapan yang ramah untuk penderita sakit ginjal?

Read More

Penderita sakit ginjal, termasuk batu ginjal memang punya sejumlah pantangan makanan agar tidak memperparah gejala. Namun, bukan berarti pasien sakit ginjal tidak bisa menikmati menu sarapan enak sekaligus sehat.

Meski demikian, penderita penyakit ginjal kronis juga harus berhati-hati dengan makanan yang mungkin mengandung terlalu banyak natrium.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain itu, melansir The Kidney Dietitian, penderita batu ginjal juga perlu konsumsi sarapan dengan menu makanan yang rendah kandungan oksalat.

Sejumlah makanan ini bisa jadi rekomendasi sarapan yang diketahui bermanfaat dalam mengoptimalkan fungsi ginjal. Apa saja?

1. Telur orak-arik dengan sayuran rendah oksalat




Ilustrasi. Salah satu rekomendasi sarapan untuk penderita batu ginjal adalah telur orak-arik dan sayuran rendah oksalat. (Istockphoto/ Amarita)

Mungkin sering kali kita melewatkan sayuran sebagai menu sarapan. Namun, penderita penyakit ginjal bisa mencampurkan telur orak-arik dengan jenis sayuran rendah oksalat seperti paprika dan bawang bombay.

2. Ikan salmon dan tuna

Ikan salmon dan tuna termasuk dalam rekomendasi sarapan untuk penderita penyakit ginjal karena kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk memperbaiki fungsi ginjal serta rendah kalium, fosfor, dan natrium.

Selain itu, asam lemak omega-3 juga berperan penting dalam menjaga kadar kolesterol normal dan tekanan darah pada penderita. Namun, sebaiknya batasi konsumsi ikan maksimal 2-3 kali seminggu.

3. Buah-buahan rendah oksalat

Penderita penyakit ginjal seperti batu ginjal juga bisa konsumsi menu sarapan beragam jenis buah. Namun perlu dicatat bahwa penderita batu ginjal memiliki pantangan yaitu buah-buahan tinggi oksalat seperti raspberi, kiwi, kurma, dan buah-buahan kering.

4. Overnight oat




Ilustrasi overnight oat pisang cokelatIlustrasi. Overnight oat adalah rekomendasi sarapan untuk penderita batu ginjal. (iStockphoto)

Jika Anda belum pernah mencoba overnight oats sebagai menu sarapan, cobalah sekarang!

Oatmeal adalah biji-bijian utuh yang juga rendah oksalat. Overnight oat sendiri pada dasarnya adalah oat yang disimpan dan direndam selama semalam di dalam kulkas. Oat biasanya direndam dalam cairan seperti susu atau yogurt.

Selain enak dan mengenyangkan, overnight oat juga bermanfaat dalam menstabilkan gula darah, meringankan sembelit, dan menjaga kesimbangan hormon.

Selain itu, mengutip Eat This Not That, menu sarapan ini juga bermanfaat menjaga kesehatan jantung dan menurunkan berat badan.

5. Dada ayam tanpa lemak

Meski penderita batu ginjal disarankan untuk membatasi asupan protein hewani, namun nutrisi yang satu ini tetap perlu terpenuhi.

Menukil Siloam Hospitals, dada ayam tanpa lemak atau kulit bisa jadi salah satu rekomendasi sarapan untuk penderita batu ginjal.

Namun, sebaiknya hindari pengolahan dada ayam dengan cara digoreng atau dipanggang karena dapat meningkatkan kadar fosfor dan natrium.

Itulah rekomendasi sarapan untuk penderita batu ginjal. Semoga membantu.

(pua/pua)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts