5 Minuman Tinggi Kalsium Selain Susu: Sama-sama Enak

Susu memang diklaim memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Namun adakah minuman tinggi kalsium selain susu?

Read More
Daftar Isi



  • Berikut minuman tinggi kalsium selain susu:

Jakarta, CNN Indonesia

Susu memang diklaim memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Namun adakah minuman tinggi kalsium selain susu?

Bicara soal kalsium, minuman pertama yang mungkin terlintas di benak Anda adalah susu sapi.

Tidak diragukan lagi, susu sapi merupakan sumber kalsium yang sangat baik. Menurut Departemen Pertanian AS (USDA), 1 cangkir (8 ons cairan) susu rendah lemak menyediakan 314 miligram kalsium, yang merupakan 24 persen dari nilai kalsium harian Anda, menurut Departemen Pertanian AS (USDA). Asosiasi Makanan & Obat (FDA).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurut National Institutes of Health (NIH), kalsium sangat penting untuk membangun dan menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta memastikan jantung, saraf, dan otot berfungsi dengan baik. Namun susu bukanlah satu-satunya makanan kaya kalsium.

Berikut minuman tinggi kalsium selain susu:

1. Yogurt

Sekitar 226 ons yogurt tawar tanpa lemak memiliki 488 mg kalsium yang memenuhi 38 persen kebutuhan harian.

Seperti susu, yogurt tawar merupakan sumber kalsium yang sangat baik, namun menyediakan lebih banyak kalsium untuk ukuran porsi yang sama seperti susu.

Anda selalu bisa membuat yogurt tawar beraroma dengan menambahkan buah-buahan.

Namun, jika Anda mencari kenyamanan, secangkir yogurt 226 ons yang diolah dengan buah menyediakan 434 mg kalsium atau 33 persen dari nilai harian. Untuk pilihan yogurt yang lebih sehat, pilihlah yogurt dengan sedikit atau tanpa tambahan gula dan pemanis.

2. Susu Almond

Secangkir susu almond tanpa pemanis mengandung 449 mg kalsium atau sekitar 35 persen dari kebutuhan harian.

Susu almond merupakan produk gabungan kacang almond bubuk dan air yang disaring. Susu berbahan dasar kacang ini biasanya diperkaya dengan kalsium karbonat, mineral yang terdapat pada batu kapur.

Susu almond bisa menjadi pilihan jika Anda menginginkan alternatif produk susu nabati dan sedang mencari alternatif minuman berbahan dasar kedelai.

Namun, berbeda dengan susu sapi dan susu kedelai, susu almond bukanlah sumber protein yang signifikan, hanya 1 gram per cangkir.

Seperti alternatif produk susu nabati lainnya, pastikan untuk memeriksa labelnya untuk memastikan susu almond Anda diperkaya dengan kalsium.

3. Jus Jeruk (Diperkaya Kalsium)

Secangkir jus jeruk yang diperkaya kalsium mengandung 347 mg kalsium atau memenuhi sekitar 27 persen kebutuhan harian.

Jika Anda bukan penggemar susu nabati, meminum jus jeruk yang diperkaya kalsium bisa menjadi pilihan lain untuk memenuhi kebutuhan kalsium Anda.

Menurut Pedoman Diet untuk Orang Amerika 2020-2025, 1 cangkir jus jeruk dihitung sebagai satu porsi buah, jadi menikmati jus dalam jumlah sedang adalah cara untuk meningkatkan asupan kalsium Anda.

Pedoman tersebut juga menyarankan bahwa jus buah 100 persen dalam jumlah sedang dapat menjadi bagian dari pola makan sehat, selama orang dewasa menjaga konsumsinya tidak lebih dari 10 ons cairan per hari. Tapi ingat, ini bukan jus jeruk kemasan yang mengandung banyak gula.

4. Oat Milk

Mencari alternatif susu sapi yang bebas susu dan bebas kacang? Susu oat mungkin jawabannya. Seperti susu almond, susu oat mengandung kalsium karbonat yang ditambahkan dalam proses fortifikasi.

Meskipun Anda dapat membuat susu oat sendiri, versi yang dibuat secara komersial akan menawarkan lebih banyak nutrisi karena fortifikasi.

Selain itu, perlu diingat bahwa susu oat adalah minuman rendah protein (3 g per cangkir) yang jumlahnya tidak sebanding dengan susu sapi dan minuman kedelai yang diperkaya.

5. Susu kedelai

Secangkir susu kedelai yang diperkaya mengandung sekitar 300 mg kalsium (23 persen dari kebutuhan harian)

Meskipun susu kedelai yang diperkaya tidak memiliki lebih banyak kalsium dibandingkan susu sapi (jumlah kandungannya hampir sama), susu kedelai merupakan satu-satunya alternatif susu nabati yang nutrisinya sebanding dengan susu.

Seringkali mengandung nutrisi tambahan, seperti kalsium dan vitamin D, merupakan sumber protein yang baik (6 g per cangkir), dan rendah lemak jenuhnya.

Anda bisa meminum segelas minuman nabati ini untuk menggantikan susu sapi untuk mendapatkan manfaat nutrisi serupa untuk memenuhi kebutuhan harian Anda.

Itulah beberapa minuman tinggi kalsium selain susu yang bisa jadi pilihan.

(chs)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts