5 Minuman Ini Ampuh Usir Lendir dari Paru-paru saat Batuk

Di tengah angka kasus yang kembali meningkat, rasanya Anda perlu mengetahui beda gejala Covid-19 dengan flu biasa demi deteksi dini.

Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Banyak orang terkena masalah pernapasan di musim hujan seperti sekarang. Salah satunya batuk yang bisa dipicu oleh lendir di paru-paru.

Untuk itu, penting menjaga paru-paru tetap sehat. Salah satunya dengan mengonsumsi minuman pembersih paru-paru.

Pada dasarnya, paru-paru punya mekanisme untuk membersihkan dirinya sendiri. Hanya saja, hasilnya akan lebih maksimal jika dibantu dengan dorongan dari luar.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Salah satunya melalui makanan dan minuman dikonsumsi. Ada beberapa makanan dan minuman untuk kesehatan paru-paru yang bisa dikonsumsi untuk mengusir keberadaan lendir.

Minuman pembersih paru-paru

Berikut beberapa minuman pembersih paru-paru yang bisa dicoba, merangkum berbagai sumber.

1. Teh lemon madu jahe

Coba siapkan secangkir teh hangat, campur dengan jahe yang digeprek dan seiris lemon. Tambahkan madu sebagai pemanis alami.

Jahe sendiri dikenal bersifat anti-inflamasi. Sifat ini membuat jahe mampu mengurangi batuk dan hidung tersumbat.

Sementara madu dapat membantu mengurangi frekuensi batuk. Sedangkan lemon mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Teh hijau

Tak cuma ampuh dalam menurunkan berat badan, teh hijau juga mengandung senyawa antioksidan yang bisa menangkal paparan radikal bebas.

Antioksidan dalam teh hijau diketahui dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh, termasuk dari paru-paru.

3. Minuman jahe kunyit




Ilustrasi. Air jahe kunyit, salah satu minuman pembersih paru-paru. (iStockphoto/5second)

Sebagaimana dijelaskan di atas, jahe mengandung senyawa anti-inflamasi yang membuatnya mampu mengurangi batuk dan hidung tersumbat.

Sementara kunyit punya kemampuan untuk mengendalikan batuk, hidung tersumbat, dan pilek. Curcumin dalam kunyit juga dikenal sebagai agen anti-inflamasi dan antioksidan.

4. Teh masala chai

Minuman satu ini telah teruji untuk mengobati banyak penyakit seperti batuk, pilek, hidung tersumbat, dan masalah pernapasan lainnya.

Minuman ini biasanya dibuat dari jahe, kayu manis, cengkeh, lada hitam, kapulaga, dan tulsi. Kesemuanya memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa membersihkan tenggorokan dan mengurangi iritasi di dalamnya.

5. Air rebusan kayu manis

Kayu manis kaya akan senyawa antioksidan dan anti-inflamasi. Keduanya dapat mengurangi peradangan di paru-paru.

Penelitian juga menunjukkan, senyawa anti-inflamasi pada kayu manis juga bisa bermanfaat untuk penderita kanker paru-paru baik sebelum dan sesudah perawatan.

Demikian beberapa minuman pembersih lendir di paru-paru. Selamat mencoba!

(tim/asr)



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts