5 Minuman Ini Ampuh buat Turunkan Gula Darah

Beberapa minuman bisa mendorong tidur nyenyak yang membantu proses penurunan berat badan. Berikut daftar minuman yang bisa menurunkan berat badan sebelum tidur.

Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Ada beberapa minuman penurun gula darah yang bisa dikonsumsi. Daftar minuman ini bisa membantu mengontrol kadar gula dalam darah.

Penting untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Kadar gula darah yang terlalu tinggi bisa memicu sejumlah masalah kesehatan.

Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga asupan makanan dan minuman. Beberapa makanan dan minuman dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Minuman penurun gula darah

Berikut beberapa minuman yang dapat membantu membantu menurunkan kadar gula darah, merangkum berbagai sumber.

1. Air mineral

Minuman penurun gula darah yang pertama adalah air mineral. Air bekerja dengan membantu ginjal mengeluarkan kelebihan gula dalam darah.

Mengutip Eat This Not That, sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrition Research menemukan bahwa seseorang dengan asupan air yang rendah memiliki risiko kadar gula darah tinggi.

2. Teh chamomile

Sebuah studi juga menemukan, orang yang minum teh chamomile tiga kali dalam sehari selama delapan pekan berturut-turut memiliki kontrol gula darah yang baik. Dengan catatan, teh diminum tanpa pemanis.

3. Kopi

Minum 1-2 cangkir kopi dalam sehari dapat membantu mencegah lonjakan gula darah. Hanya saja, efeknya bakal maksimal jika kopi diminum tanpa gula.

Sebuah tinjauan menemukan, senyawa antioksidan yang ditemukan dalam kopi dapat membantu melawan peradangan dan stres oksidatif.

4. Teh hijau




Ilustrasi. Teh hijau, salah satu minuman penurun gula darah. (iStockphoto/KMNPhoto)

Teh hijau kaya akan senyawa antioksidan bernama polifenol. Artinya, teh hijau juga punya kemampuan untuk membantu mengontrol kadar gula darah.

Mengutip Mind Body Green, senyawa antioksidan dalam teh hijau dapat menurunkan peradangan dalam tubuh. Kondisi ini dapat membantu melawan resistensi insulin.

5. Jus sayur

Anda juga bisa menjadikan jus sayur sebagai salah satu minuman penurun gula darah. Coba ganti buah dengan sayur untuk minuman jus sehari-hari.

Anda bisa menggunakan bahan-bahan seperti seledri, mentimun, atau sayuran berdaun hijau lainnya.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts