5 Minuman Herbal untuk Meredakan Asam Lambung Secara Alami

Saat merasakan gejala asam lambung, tentunya Anda sangat tidak nyaman. Berikut sejumlah minuman herbal yang bisa Anda coba untuk meredakan asam lambung.
Jakarta, CNN Indonesia

Saat gejala asam lambung timbul, tentunya Anda merasa sangat tidak nyaman. Berikut ini sejumlah minuman herbal yang bisa Anda coba untuk meredakan asam lambung.

Read More

Asam lambung atau refluks asam merupakan kondisi saat zat asam dari dalam lambung naik ke kerongkongan. Ketika asam lambung naik, penderitanya akan merasakan sensasi panas di dada, mual, sering sendawa, rasa pahit di lidah, hingga sakit di kerongkongan.

Pada dasarnya, naiknya asam lambung ini merupakan kondisi yang wajar. Namun, jika naiknya asam lambung terjadi berulang dan sering, maka bisa jadi kondisi tersebut disebabkan oleh gastroesophageal reflux disease (GERD).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Untuk mengatasi asam lambung yang sering naik, Anda bisa mengonsumsi beberapa minuman herbal.

1. Teh peppermint

Mengutip Healthline, beberapa studi menunjukkan bahwa minyak peppermint dapat membantu pengidap GERD dalam mengatasi gejala yang muncul.

Anda bisa mendapatkan asupan peppermint dengan meminumnya dalam bentuk teh. Namun, Anda disarankan agar tidak meminum teh peppermint berbarengan dengan obat antasida karena bisa memicu heartburn.

2. Teh jahe




Ilustrasi. Teh jahe salah satu minuman herbal untuk meredakan asam lambung. (iStockphoto/Maya23K)

Secara historis, jahe telah digunakan untuk mengobati penyakit pencernaan lainnya, termasuk sakit maag. Jahe disebut memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan dan iritasi pada kerongkongan secara keseluruhan.

Anda bisa mengupas jahe, lalu merebusnya dalam air. Tambahkan madu untuk menambahkan rasa. Konsumsi air jahe dalam kondisi panas.

Ada sedikit efek samping yang terkait dengan jahe, kecuali Anda mengonsumsinya terlalu banyak. Mengonsumsi jahe terlalu banyak justru bisa menyebabkan sakit maag.

3. Teh kunyit

Minuman herbal untuk meredakan asam lambung selanjutnya adalah teh kunyit. Mengutip Medical News Today, kunyit bisa melindungi sel-sel mukosa di kerongkongan dari kerusakan akibat asam lambung.

Anda bisa menyeduh bubuk kunyit yang sudah tersedia di pasaran untuk mengonsumsinya.

4. Teh chamomile

Sifat anti-inflamasi yang dimiliki chamomile dipercaya dapat membantu mengatasi peradangan yang terjadi di kerongkongan akibat naiknya asam lambung.

Selain itu, chamomile juga dipercaya dapat memberikan efek menenangkan akibat kecemasan dan stres. Sementara stres dan kecemasan disebut-sebut sebagai salah satu pemicu utama naiknya asam lambung.

5. Teh daun pepaya




green papaya leaves on the edge of rice fieldsIlustrasi. Teh daun pepaya adalah salah satu minuman herbal untuk meredakan asam lambung. (Istockphoto/ Shuklai)

Selain meringankan masalah pencernaan, daun pepaya juga digunakan untuk mengatasi refluks asam lambung.

Mengutip Hello Doctor, enzim papain yang ditemukan dalam pepaya membantu meredakan sensasi terbakar di dada alias heartburn.

Daun pepaya bisa dikonsumsi dengan cara dibuat seperti teh atau jus. Berikan madu untuk menambahkan rasa.

Itulah 5 minuman herbal untuk meredakan asam lambung. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

(tim/pua)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts