5 Minuman Herbal Penghancur Batu Ginjal

Asupan tertentu dipercaya dapat membantu perawatan batu ginjal. Sebut saja beberapa minuman herbal penghancur batu ginjal berikut ini.

Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Asupan tertentu dipercaya dapat membantu perawatan batu ginjal. Sebut saja beberapa minuman herbal penghancur batu ginjal berikut ini.

Batu ginjal adalah endapan keras yang muncul akibat penumpukan senyawa kimia di saluran kemih, utamanya pada ginjal.

Banyak hal yang jadi penyebab batu ginjal. Misalnya saja pola makan, berat badan berlebih, kondisi medis tertentu, serta asupan suplemen atau obat tertentu.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pada dasarnya, batu ginjal berukuran kecil punya kemampuan untuk keluar dengan sendirinya bersamaan dengan urine. Namun dalam beberapa kasus, mengeluarkan batu ginjal jadi perkara sulit.

Batu ginjal sendiri tak akan memicu kerusakan permanen pada organ jika dideteksi tepat waktu.

Minuman herbal penghancur batu ginjal

Air mineral pada dasarnya merupakan cara paling ampuh untuk mengeluarkan batu ginjal. Anda disarankan untuk memperbanyak asupan air mineral.

Namun di luar itu, Anda juga bisa mengombinasikannya dengan asupan lain. Berikut beberapa minuman herbal penghancur batu ginjal yang bisa dicoba.

1. Jus lemon

Jus lemon bisa jadi salah satu minuman untuk membantu mengeluarkan ginjal.

Mengutip laman Harvard Medical School, sitrat dalam lemon dapat mengikat kalsium dan membantu menghalangi pembentukan batu. Sitrat sendiri merupakan garam yang terdapat dalam asam sitrat.

Penelitian menunjukkan bahwa minum perasan lemon yang dicampurkan dengan air setiap hari dapat membantu meningkatkan sitrat urine. Hal ini perlahan membantu mengeluarkan batu ginjal.

2. Jus basil




Ilustrasi. Jus basil, salah satu minuman herbal penghancur batu ginjal. (FoodiesFeed/Jakub Kapusnak)

Daun basil mengandung senyawa antioksidan dan anti-inflamasi.

Mengutip Healthline, sebuah studi pada tikus tahun 2020 menemukan, basil dapat membantu mendukung fungsi ginjal.

3. Jus seledri

Seledri kerap digunakan sebagai obat batu ginjal dalam banyak pengobatan tradisional.

Sebuah penelitian menemukan, pasien batu ginjal wanita mengonsumsi lebih sedikit seledri dibandingkan kelompok tanpa batu ginjal.

Sebuah studi tahun 2019 juga menemukan, ekstrak seledri membantu memecah batu ginjal.

4. Jus delima

Beberapa orang percaya bahwa jus delima dapat membantu mengeluarkan batu ginjal dengan menghancurkannya.

Anda bisa mencoba mengonsumsi satu atau dua porsi jus delima setiap hari. Namun, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu demi hasil yang lebih aman.

5. Jus dandelion

Tanaman dandelion dapat membantu menghilangkan limbah yang tak diperlukan tubuh dan meningkatkan produksi urine. Hal ini pada akhirnya dapat membantu proses pengeluaran batu ginjal.

Sebuah studi laboratorium menemukan, dandelion efektif dalam mengatasi batu ginjal. Namun, masih diperlukan studi terhadap manusia untuk memastikan hasilnya.

Anda bisa membuat jus atau teh dandelion. Namun, batasi asupan karena dandelion bisa jadi masalah pada beberapa orang.

Demikian beberapa minuman herbal penghancur batu ginjal yang bisa dicoba. Jangan lupa untuk selalu mengonsultasikannya dengan dokter terlebih dahulu demi hasil yang aman dan maksimal.

(tim/asr)



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts