5 Keutamaan Bulan Rajab, Banyak Doa yang Dikabulkan

Hal terbaik yang bisa dilakukan seorang anak adalah mendoakan ibu, terutama di hari ibu. Dalam Islam ada beberapa doa yang bisa diamalkan untuk ibu.

Jakarta, CNN Indonesia

Bulan Rajab menjadi salah satu bulan penuh kemuliaan yang dinanti-nantikan umat Islam. Tahun ini, bulan Rajab dimulai pada 23 Januari dan akan berakhir pada 21 Februari.

Read More

Sepanjang bulan Rajab, berbagai amalan bisa dilakukan untuk meraih berkah dan pahala yang berlimpah. Ada berbagai keutamaan bulan Rajab yang harus diketahui umat Islam.

1. Bulan haram

Ada empat bulan yang dianggap sebagai bulan haram atau bulan yang mulia dalam kalender Islam. Keempat bulan itu yakni, Muharam, Zulkaidah, Zulhijah, dan Rajab.

Saat bulan haram berlangsung, amalan saleh akan dilipatgandakan pahalanya. Sebaliknya, amalan buruk akan diberi hukuman besar.

2. Isra Mi’raj

Salah satu peristiwa penting dalam Islam juga terjadi di bulan Rajab. Peristiwa itu adalah Isra Mi’raj, saat Nabi Muhammad SAW diangkat oleh Allah SWT ke langit ke-7.

Saat Isra Mi’raj ini juga-lah, titah untuk melaksanakan salat lima waktu dikeluarkan.

Isra Mi’raj menjadi salah satu keutamaan bulan Rajab yang dimuliakan ini.

3. Bulan pertobatan

Sepanjang bulan Rajab, umat Islam dianjurkan untuk bertobat. Disebutkan bahwa Allah SWT akan mengabulkan semua doa umat Muslim, termasuk permohonan ampun atas segala dosa yang pernah dilakukan.

4. Dekat dengan Ramadan


Ilustrasi. Ada beberapa keutamaan bulan Rajab yang perlu diketahui umat Islam. (iStockphoto/sliper84)

Bulan Rajab juga jadi pertanda datangnya Ramadan yang hanya tinggal beberapa puluh hari saja. Hanya berselang setelah bulan Syaban, setelah itu Ramadan tiba.

Bulan Ramadan jadi salah satu bulan yang ditunggu-tunggu umat Islam.

5. Malam Rajab, malam yang mustajab

Mengutip NU Online, jika Anda berdoa di malam pertama bulan Rajab, maka semua doanya akan dikabulkan. Hal ini juga ditegaskan oleh Imam Syafi’i dalam kitab Al-Umm, yakni sebagai berikut:

بَلَغَنَا أَنَّهُ كَانَ يُقَالُ: إِنَّ الدُّعَاءَ يُسْتَجَابُ فِي خَمْسِ لَيَالٍ: فِي لَيْلَةِ الْجُمُعَةِ، وَلَيْلَةِ الْأَضْحَى، وَلَيْلَةِ الْفِطْرِ، وَأَوَّلِ لَيْلَةٍ مِنْ رَجَبٍ، وَلَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ

Artinya:

Telah sampai berita pada kami bahwa dulu pernah dikatakan: Sesungguhnya doa dikabulkan pada 5 malam: malam Jumat, malam hari raya Iduladha, malam hari raya Idulfitri, malam pertama bulan Rajab dan malam nisfu Syaban.

Itulah lima keutamaan bulan Rajab. Perbanyak beribadah dan berdoa agar mendapat syafaat dan pahala yang berlimpah.

(tst/asr)






Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts