5 Kebiasaan yang Bisa Bikin Batu Ginjal, Tak Cuma Kurang Minum

Untuk mengatasi sakit batu ginjal, Tahir Uro-Nephrology Center Mayapada Hospital menyediakan layanan terpadu dan komprehensif.
Jakarta, CNN Indonesia

Batu ginjal adalah endapan keras yang terbuat dari mineral dan garam yang terbentuk di saluran kemih. Sejumlah kebiasaan buruk ini penting untuk dihindari karena bisa menyebabkan batu ginjal.

Read More

Batu ginjal atau urolithiasis adalah penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat. Sering kali batu terbentuk ketika urine menjadi pekat, memungkinkan mineral mengkristal dan salin menempel.

Ketika mengalami batu ginjal, biasanya Anda bisa merasakan rasa sakit saat buang air kecil.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Meski bisa menyerang orang-orang dari segala usia, batu ginjal kemungkinan besar terjadi pada usia 30 atau lebih, dan risikonya meningkat seiring bertambahnya usia.

Meskipun usia meningkatkan risiko batu ginjal, kebiasaan sehari-hari juga memainkan peran besar. Berikut ini sejumlah kebiasaan yang bisa menyebabkan batu ginjal yang perlu Anda hindari untuk mencegah penyakit ini.

1. Kelebihan berat badan

Menukil Mayo Clinic, indeks massa tubuh (BMI) yang tinggi, ukuran pinggang yang besar, dan penambahan berat badan telah dikaitkan dengan peningkatan risiko batu ginjal.

2. Terlalu banyak konsumsi garam dan gula




Ilustrasi. Salah satu kebiasaan yang bisa bikin batu ginjal adalah terlalu banyak konsumsi garam dan gula. (iStockphoto/Detry26)

Selain menyebabkan penambahan berat badan, gula dan garap juga dapat meningkatkan jumlah kalsium di ginjal. Kondisi ini bisa mendorong pembentukan batu ginjal.

3. Konsumsi protein hewani

Mengutip Urology Center of Florida, daging merah, unggas, telur, produk susu, dan seafood dapat meningkatkan kadar asam urat yang menyebabkan pembentukan batu di ginjal.

4. Tidak cukup konsumsi air putih




Ilustrasi perempuan minum air mineralIlustrasi. Salah satu kebiasaan yang bisa bikin batu ginjal adalah kurang minum air putih. (iStock/Pongtep Chithan)

Banyak kasus dehidrasi disebabkan oleh kondisi medis tertentu. Namun begitu, banyak orang terkena batu ginjal karena kurangnya asupan cairan.

5. Makanan kaya oksalat

Tak hanya makanan tidak sehat yang bisa menjadi masalah. Oksalat, yang ditemukan di banyak buah, sayuran, dan kacang-kacangan, dapat menyebabkan pembentukan kristal. Jadi, penting untuk mengetahui makanan mana yang rendah oksalat.

Itulah 5 kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan batu ginjal. Sebaiknya hindari agar dapat mencegah terserang batu ginjal.

(tim/pua)


[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts