5 Ikan yang Mengandung Vitamin D, Bantu Jaga Imunitas saat Musim Hujan

Ada banyak manfaat ikan laut untuk kesehatan, termasuk untuk kecerdasan otak. Tapi ada banyak manfaat lain selain buat otak.

Daftar Isi



Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Di musim hujan seperti saat ini, kita harus selalu menjaga imunitas tubuh dengan memenuhi kebutuhan nutrisi termasuk vitamin D. Simak deret jenis ikan yang mengandung vitamin D berikut ini.

Vitamin D merupakan salah satu kelompok vitamin yang larut dalam lemak. Ada banyak sekali manfaat vitamin D bagi tubuh, mulai dari menjaga kepadatan tulang dan gigi, menjaga imun tubuh, hingga membantu mencegah penyakit kanker.

Pada dasarnya, tubuh dapat memproduksi vitamin D melalui bantuan paparan sinar matahari pagi. Namun, Anda juga bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin D melalui beberapa makanan, seperti telur, hati, daging merah, produk susu, dan biji-bijian.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain itu, mengutip Healthline, vitamin D juga dapat didapatkan dari jenis ikan berlemak tinggi.

Lantas, apa saja ikan yang mengandung vitamin D yang bisa membantu jaga imunitas tubuh saat musim hujan? Berikut daftarnya.

1. Salmon

Salmon adalah ikan berlemak yang populer dan sumber vitamin D.

Menurut Database Komposisi Makanan Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu porsi 3,5 ons (100 gram) porsi salmon Atlantik yang dibudidayakan mengandung 526 IU vitamin D.

Ikan salmon juga bisa diolah jadi beragam jenis masakan, mulai dari dibakar hingga dibuat sup.

2. Ikan haring dan sarden

Ikan haring seringkali diolah dengan cara diasapi atau diasamkan. Ikan kecil ini juga merupakan sumber vitamin D.

Ikan haring Atlantik segar menyediakan 214 IU per porsi 3,5 ons (100 gram), yang merupakan 27 persen dari kebutuhan vitamin D harian tubuh.

Selain itu, sarden kalengan juga merupakan sumber vitamin D yang baik. Satu porsi 3,5 ons atau 100 gram sarden menyediakan 193 IU atau 24 persen dari kebutuhan harian tubuh.

3. Tuna




Ilustrasi. Tuna termasuk ikan yang mengandung vitamin D. (istockphoto/fcafotodigital)

Mengutip Everyday Health, USDA mencatat 3 ons ikan tuna kalengan dalam air mengandung 68 IU vitamin D. FDA merekomendasikan untuk memilih tuna ringan sebagai pilihan terbaik.

Selain menyehatkan, tuna juga termasuk ikan yang mudah diolah jadi beragam jenis masakan.

4. Ikan mackarel

Mengutip British Heart Foundation, ikan jenis ini juga mengandung tinggi vitamin D. Mengonsumsi ikan mackarel bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung, menjaga kesehatan otak, memperkuat tulang, dan mencegah anemia.

5. Minyak hati ikan kod




ilustrasi ikan kodIlustrasi. Jika Anda tidak menyukai ikan, minyak hati ikan kod juga mengandung vitamin D. (iStockphoto/Tuned_In)

Minyak hati ikan kod adalah suplemen yang populer. Jika Anda tidak menyukai ikan, mengonsumsi minyak ikan cod adalah cara lain untuk mendapatkan nutrisi yang sulit didapat.
Ini adalah sumber vitamin D yang sangat baik. Dengan kandungan sekitar 450 IU per sendok teh (4,9 mL), ini memenuhi 56% dari kebutuhan harian tubuh.

Sebuah studi pada 2021 dalam jurnal Nutrients menyebut minyak hati ikan kod sebagai bagian dari pengobatan rakhitis, psoriasis, dan tuberkulosis.

Itulah 5 ikan yang mengandung vitamin D yang bisa bantu jaga imunitas tubuh di musim hujan. Adakah ikan favoritmu?

(pua/pua)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts