5 Hal yang Harus Kamu Lakukan saat Memutuskan Menjadi Full Time Writer

Seseorang yang memiliki hobi menulis tentunya ingin mencari profesi yang sesuai dengan hobi dan bakatnya tersebut, salah satunya adalah seorang full time writer. Banyak orang yang memiliki bakat dan hobi menulis memutuskan untuk menjadi seorang full time writer, entah mereka bekerja pada perusahaan atau bekerja secara freelance.

Read More

Namun pekerjaan full time writer tidak semudah seperti yang kalian bayangkan. Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan ketika sudah memutuskan untuk menjadi seorang full time writer. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kalian lakukan saat sudah memutuskan untuk menjadi seorang full time writer.

1. Memperbanyak membaca dan menulis

Ketika kamu sudah memutuskan untuk menjadi seorang full time writer maka kamu harus memperbanyak membaca dan menulis. Dengan memperbanyak membaca maka kamu akan menemukan banyak ide dan referensi yang dapat kamu terapkan dalam karyamu. Dengan memperbanyak menulis tentunya akan meningkatkan skill menulismu dan meningkatkan kualitas karya yang telah kamu buat.

2. Bekerja keras untuk mengenalkan karyamu

Ketika kamu sudah membuat sebuah karya maka kamu juga harus bekerja keras untuk mengenalkan karya tersebut ke banyak orang. Tujuan dari mengenalkan karya tersebut adalah agar banyak orang yang membaca karyamu. Rasanya akan menjadi percuma jika kamu sudah bersusah payah membuat sebuah karya namun tidak ada seorang pun yang membaca karyamu tersebut. Kamu dapat mengenalkan karyamu ddengan berbagai cara, seperti membuat blog pribadi atau menyebarkannya melalui media sosial.

3. Tidak menyerah saat tulisanmu mengalami penolakan

Mungkin hal ini menjadi salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak penulis. Ketika tulisanmu ditolak itu berarti tulisanmu masih belum memenuhi kriteria yang diminta editor. Ketika tulisanmu ditolak maka jangan pernah mengeluh dan menyerah untuk menulis. Alangkah baiknya kamu belajar lebih banyak lagi untuk menambah skill menulis yang kamu miliki.

4. Mengatur keuangan dengan baik

Full time writer bukanlah sebuah profesi yang dapat memberimu penghasilan besar secara instan. Oleh karena itu kamu harus dapat mengatur keuanganmu dengan baik. Penghasilan yang kamu dapatkan saat masih awal menjadi full time writer bisa dibilang sebagai penghasilan yang cukup kecil. Namun penghasilan tersebut dapat kamu gunakan dengan baik ketika kamu dapat mengaturnya dengan baik.

5. Tidak memedulikan sikap orang lain yang merendahkan karyamu

Tentunya karya yang kamu buat tidak akan disukai oleh semua orang. Pasti ada orang lain yang tidak menyukai hasil karyamu bahkan sampai merendahkannya. Sejatinya kamu tidak perlu memedulikan tanggapan dari orang tersebut, karena hal tersebut hanya akan membuat dirimu insecure terhadap karya yang kamu buat.

Itulah lima hal yang harus kamu lakukan ketika memutuskan untuk menjadi seorang full time writer. Kamu harus tahu bahwa pekerjaan ini bukanlah pekerjaan yang dapat memberimu penghasilan yang besar secara instan, oleh karena itu kamu harus bekerja keras dalam menulis karya.

Video yang mungkin Kamu lewatkan.



Sumber: yoursay.suara.com

Related posts